Categories

Berita

Grup Kompas Gramedia Luncurkan Gramediana, Portal Dan Marketplace Penerbitan Buku

Rama Mamuaya - 14 February 2013

Perusahaan raksasa penerbitan, Gramedia hari ini meluncurkan Gramediana, yang merupakan situs online marketplace untuk penerbitan di Indonesia. Untuk saat ini, Gramediana hanya menyediakan fitur e-commerce dimana pengunjung bisa membeli ebook dan juga buku cetak on-demand. Sedikit banyak mirip dengan salah satu startup yang terlebih dahulu terjun ke dunia self-publishing online, yaitu NulisBuku.

Secara sederhana, Gramediana menyediakan platform community dan marketplace bagi penerbit, penulis dan pembaca buku. Gramediana sendiri mulai diperkenalkan saat Kompas Gramedia Fair 2013, 13-17 Februari 2013 ini. Diharapkan, Gramediana bisa menjadi sebuah ekosistem yang lengkap untuk penerbit, penulis, pembaca dan komunitas buku di Indonesia. Saat ini Gramediana masih berstatus soft-launched dan baru menyediakan buku dalam format digital. Buku elektronik dari Gramediana disebutkan akan bisa dibaca di desktop dan mobile.

Agak mirip seperti Amazon, Gramediana juga menyediakan fitur Afiliasi dimana pengguna yang terdaftar sebagai afiliasi akan menerima reward ketika mereka berhasil mengundang pengguna lain untuk bergabung atau melakukan pembelian buku. Fitur ini, bisa membantu penjualan buku untuk menjadi lebih viral.

Menurut informasi di websitenya, penulis buku bisa mendapatkan 50% dari keuntungan dari menjual buku secara digital (e-book), sedangkan untuk buku versi cetak, penulis bisa mendapatkan keuntungan sebesar 10% dari penjualan buku. Penjualan buku versi cetak memang cenderung lebih mahal, dimana harga e-book bisa 75% dari harga versi cetak.

Beberapa startup seperti NulisBuku memang sudah memulai bisnis seperti ini, namun untuk grup penerbitan dengan skala sebesar Kompas-Gramedia, mungkin bisnis penerbitan online bisa menjadi lebih disruptif untuk industri penerbitan secara keseluruhan.

This e-commerce channel is brought to you by Veritrans Indonesia. Veritrans makes online transactions easier, faster and more secure. No setup fee, no monthly fee and no hidden fee. To know more about Veritrans Indonesia, please visit their website http://veritrans.co.id

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter