Valve hampir tidak pernah mengungkapkan angka penjualan game di platform distribusi digital Steam, tapi di awal Januari kemarin, mereka mempersilakan kita mengetahui judul-judul apa saja yang memperoleh pemasukan tertinggi di tahun 2017. Satu hal mengejutkan adalah daftar game dengan profit terbesar didominasi oleh permainan-permainan yang sudah cukup lama dirilis.

Grand Theft Auto V, game action-adventure open world yang pertama kali meluncur di last-gen console hampir lima tahun lalu, muncul di sana. GTAV sudah beberapa kali mencetak rekor mengesankan, contohnya adalah bagaimana permainan memberikan keuntungan senilai US$ 1 miliar buat Rockstar Games cuma dalam tiga hari setelah tersedia.

Berdasarkan laporan NPD Group di bulan November 2017, Grand Theft Auto V telah terjual sebanyak 85 juta kopi dan pelan-pelan mendekati puncak daftar permainan dengan penjualan terbanyak di sepanjang sejarah. Namun memomentum penjualan game ternyata tidak berhenti atau bahkan melambat. Via Twitter milik analis industri gaming Daniel Ahmad, Take-Two Interactive mengonfirmasi keberhasilan mereka memasarkan lebih dari 90 juta kopi GTAV.

Sebagai gambaran tingginya antusiasme gamer terhadap GTAV, Ahmad menyampaikan bahwa di tahun 2017 saja, ada 15 juta orang membeli permainan ini. Itu berarti Grand Theft Auto V sukses melampaui penjualan banyak game baru yang dilepas di tahun lalu. Sebagai komparasi, Star Wars Battlefront II hanya terjual 7 juta kopi selama periode itu. Dan menghitung secara kasar, setidaknya satu dari tiga pemilik console PlayStation 4 dan Xbox One mempunyai game ini.

Rahasia dari umur panjang Grand Theft Auto V tak lain adalah karena komitmen Rockstar untuk terus menambah konten game. Walaupun developer akhirnya mengurungkan niatnya buat meluncurkan add-on single-player, porsi multiplayer-nya (Grand Theft Auto Online) tak berhenti mendapatkan update gratis dan event-event menarik. Update GTA Online yang cukup besar diimplementasikan belum lama ini, diberi judul The Doomsday Heist.

Dilihat dari angka penjualannya saja, Grand Theft Auto V berada di urutan ketiga permainan terlaris sepanjang masa. Rekornya cuma dikalahkan oleh Minecraft dengan 144 juta kopi, dan sang raksasa Tetris di urutan pertama dengan 170 juta kopi. Namun melihat momentumnya, kenaikan GTAV memang jauh lebih pesat dari Tetris mengingat game tersebut telah tersedia sejak tahun 80-an.

Rockstar memang akhirnya mengumumkan tanggal pasti perilisan Red Dead Redemption 2, tapi jangan harap kita akan mendengar konfirmasi sang publisher mengenai eksistensi dari Grand Theft Auto VI dalam waktu dekat selama playerbase GTAV masih sekuat sekarang.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.