Categories

Gadget

Grell TWS/1 Adalah TWS Premium dari Eks Desainer Headphone Senior Sennheiser

Grell TWS/1 adalah produk perdana dari Grell Audio, perusahaan baru yang didirikan oleh desainer sejumlah headphone populer Sennheiser

Glenn Kaonang - 9 October 2021

Di balik popularitas headphone audiophile Sennheiser macam HD 600, HD 650, HD 800, maupun HD 820, ada satu sosok jenius yang bertanggung jawab atas desain akustik dari masing-masing perangkat tersebut. Beliau adalah Axel Grell, seorang audio engineer senior yang memulai kiprahnya di Sennheiser sejak tahun 1991.

Namun setelah hampir tiga dekade mengabdi, Grell memutuskan untuk hengkang di tahun 2019 dan mendirikan perusahaannya sendiri, Grell Audio. Dua tahun berlalu, ia akhirnya telah siap memperkenalkan produk perdananya: Grell TWS/1.

Tidak bisa dimungkiri, kepiawaian Grell dalam mendesain headphone kelas atas merupakan daya tarik utama dari TWS ini. Tidak heran, terutama mengingat Grell juga merupakan desainer dari salah satu headphone termahal Sennheiser, yakni HE 1 yang dihargai $59.000.

Itulah mengapa custom dynamic driver 10,1 mm yang dimiliki perangkat ini langsung jadi sorotan. Komponen ini punya rentang frekuensi 6-22.000 Hz, dan profil suaranya dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing pengguna dengan menggunakan aplikasi pendamping bernama SoundID. Jadi usai pengguna menjalani tes singkat di aplikasi, pengaturannya akan langsung disimpan di TWS itu sendiri.

Sesuai standar TWS premium saat ini, Grell TWS/1 juga hadir membawa active noise cancellation (ANC), plus sebuah teknologi eksklusif racikan Grell yang dijuluki dengan istilah Noise Annoyance Reduction (NAR). Perangkat mengemas chipset Qualcomm QCC5141, dengan Bluetooth versi terbaru (5.2) beserta dukungan terhadap codec aptX, aptX Adaptive, maupun LHDC, di samping AAC dan SBC.

Dalam sekali charge, baterainya diklaim bisa tahan sampai 6 jam dengan ANC, atau 8 jam tanpa ANC. Dipadukan dengan charging case-nya, Grell TWS/1 tercatat memiliki daya tahan hingga 34 jam dengan ANC, atau 45 jam tanpa ANC. Charging case-nya sendiri bebas diisi ulang menggunakan kabel atau secara wireless.

Semua itu dikemas dalam bodi yang tahan air (IPX4) dengan bobot 7,3 gram. Desainnya tergolong minimalis dengan kesan industrial. Pada sisi luar masing-masing earpiece, ada panel sentuh yang terbuat dari bahan kaca guna menambah kesan premium. Mungkin cuma kebetulan, akan tetapi headphone Sennheiser HD 820 yang Grell rancang juga dibekali kaca pada sisi luar masing-masing earcup-nya.

Yang cukup mengejutkan, harganya ternyata tidak semahal yang saya bayangkan: $200 — lebih murah dari TWS flagship Sennheiser. Rencananya, Grell TWS/1 hanya akan dijual secara online melalui situs Grell Audio sendiri (plus Drop.com), tapi sayangnya mereka sejauh ini hanya melayani pengiriman ke Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman saja.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter