13 January 2015

by Glenn Kaonang

Griffin Twenty, Amplifier Nirkabel Yang Cantik Sekaligus Cerdas

Menggunakan amplifier untuk mendengarkan musik mungkin terdengar kuno, akan tetapi cara ini masih terus diterapkan demi memperoleh kualitas suara yang terbaik.

Ada sejumlah alasan mengapa orang-orang menolak membeli amplifier terpisah dan merasa cukup dengan amplifier bawaan yang tertanam di dalam smartphone atau tablet miliknya.

Salah satunya adalah masalah harga, namun saya kira alasan ini relevan untuk semua jenis produk. Alasan lainnya adalah menggunakan amplifier terkesan rumit karena membutuhkan banyak kabel tambahan.

Hadirlah Griffin Twenty, amplifier digital dengan konektivitas nirkabel yang hanya membutuhkan koneksi Bluetooth untuk meneruskan musik dari smartphone atau tablet menuju sepasang speaker, tidak peduli setua apapun speaker tersebut.

 

Info menarik: Smarter Coffee, Coffee Maker Bagi Para Pemalas

 

Hal ini dikarenakan Twenty masih memerlukan sambungan kabel dengan unit speaker. Tidak sepenuhnya nirkabel memang, akan tetapi hal ini juga berarti speaker yang berusia lebih tua dari Anda sekalipun masih bisa Anda gunakan bersama Twenty.

Selain dibekali konektivitas nirkabel, Griffin Twenty juga dapat bekerja seperti amplifier pada umumnya. Kabel optical yang termasuk dalam paket pembeliannya dapat Anda sambungkan dengan berbagai perangkat, seperti misalnya Apple TV atau game console.

Wujud Twenty sendiri tampak cantik meski terbilang minimalis. Twenty dirancang dengan desain tombol tunggal agar pengguna dapat mengoperasikannya dengan mudah – Anda hanya perlu menekan tombol Quick Connect di bagian depan untuk menyambungkan perangkat yang pernah terhubungkan sebelumnya.

Soal kualitas suara, Twenty akan mengolah musik digital dari smartphone atau tablet dengan bantuan codec AAC / aptX yang terbilang andal. Daya 20 watt per channel yang dihasilkan Twenty sudah sangat cukup untuk membuat unit-unit speaker pada umumnya untuk 'berteriak'.

 

Info menarik: Jide Ultra Tablet, ‘Microsoft Surface’ Rasa Android

 

Griffin Twenty saat ini sudah dipasarkan dengan harga $150 (Rp 1,9 juta). Jika Anda merasa membutuhkan sepasang speaker baru bersama dengan amplifier ini, Griffin bekerja sama dengan NHT Audio menawarkan dua bundle yang cukup menarik, yakni Twenty + NHT SuperZero Passive Bookshelf Speakers seharga $300 (Rp 3,8 juta) dan Twenty + NHT SuperZero 2.1 Super Stereo System with Powered Subwoofer seharga $600 (Rp 7,6 juta).

Dalam era dimana layanan streaming musik semakin mudah diakses dan semakin terjangkau harganya, menggaet sebuah amplifier nirkabel merupakan investasi yang masuk akal.

Saya pribadi menilai, perangkat ini tidak hanya menawarkan desain yang manis dan kualitas suara yang oke, namun juga kemampuan 'menghidupkan' kembali speaker-speaker yang sudah terlalu lama membisu di dalam gudang.

Sumber: Griffin Sumber gambar: Griffin Store.