Categories

Home Appliance

Grundig VUX Ingin Mengubah Cara Kita Mengoperasikan Perabot Dapur

Glenn Kaonang - 29 April 2015

Dewasa ini, saya kira tidak banyak dari kita yang mengenal Grundig. Saya pribadi mengenalnya sebagai produsen TV, dimana TV 14 incinya cukup setia mendampingi saya bermain Super Nintendo di zaman saya masih bersekolah di bangku SD.

Meski produknya mungkin sulit dijumpai di sini, Grundig tidak bangkrut dan masih terus berinovasi. Nyatanya, teknologi terbaru Grundig mengemban misi untuk mengubah cara kita mengoperasikan perabot dapur.

Mereka memperkenalkan VUX (Virtual User eXperience). VUX merupakan sistem kontrol baru yang menggabungkan proyektor dan teknologi sentuh, mengubah cara kita mengoperasikan perabot dapur secara drastis, yang biasanya mengandalkan sejumlah kenop putar atau tombol.

Info menarik: Ikea Concept Kitchen 2025 Berikan Gambaran Soal Perubahan Gaya Hidup dalam 10 Tahun ke Depan

Sederhananya, Grundig VUX melibatkan sebuah proyektor mini yang dipasang di bagian atas perabot dapur seperti kompor induksi atau mesin pencuci piring. Panel kontrol virtual kemudian akan diproyeksikan ke permukaan perabot, dimana Anda bisa mengoperasikannya dengan sentuhan, persis seperti cara Anda mengoperasikan perangkat mobile.

Tombol-tombol maupun slider yang ditampilkan tidak statis begitu saja. Semuanya bisa diprogram berdasarkan kebutuhan. Saat panel kontrol virtual tersebut tertutup wajan berukuran besar misalnya, proyeksinya akan dipindah ke posisi lain.

Selain memproyeksikan panel kontrol virtual, Grundig VUX juga bisa memproyeksikan indikator visual sebagai panduan di sebelah mana sebaiknya Anda menempatkan panci dan wajan. Saat pelat induksi sedang memanas, proyeksi berwarna merah akan tampak sehingga Anda bisa tahu mana area yang panas dan mana yang tidak.

Info menarik: General Electric Pamerkan Kompor Induksi dengan Kontrol Sentuh ala Smartphone

Potensi dan fleksibilitas Grundig VUX amat luas berkat kesanggupannya bersinergi dengan sejumlah perangkat. VUX juga bisa memproyeksikan video. Bila Anda memiliki kamera baby monitor misalnya, maka VUX bisa menampilkan livestream dari kamera tersebut sehingga Anda dapat terus memantau kondisi sang buah hati selagi menyiapkan hidangan makan malam.

Manfaat Grundig VUX juga tidak terbatas pada fleksibilitasnya saja. Dari segi estetika, sistem ini dapat membuat dapur Anda tampak lebih minimalis. Lebih lanjut, noda dan kotoran bisa gampang dibersihkan karena kompor Anda sederhananya hanyalah sebuah permukaan datar dengan panel kontrol virtual di atasnya.

Grundig VUX saat ini masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan. Rencananya, pada kuartal kedua tahun 2016, sistem ini sudah bisa dinikmati oleh konsumen-konsumen rumahan.

Sumber: Grundig dan Pocket-lint. Sumber gambar: A’ Design Award.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter