1. Startup

Grup Lippo Gelar Layanan Internet Berbasis Satelit First Net

First Net didesain untuk dapat menjangkau dan menyediakan akses internet di kawasan pedalaman dan daerah terpencil di Indonesia

Grup Lippo mendirikan bisnis baru penyedia layanan internet berbasis satelit (Lippo Star 1) bernama First Net. Layanan tersebut didesain untuk menyediakan akses internet di kawasan pedalaman dan daerah terpencil di Indonesia. First Net hadir di bawah bendera Delta Nusantara Network, anak perusahaan Grup Lippo First Media, yang berkolaborasi dengan operator satelit lokal Adiwara.

Layanan First Net telah meluncur sejak Desember 2015 silam. Sejak peluncuran perdananya, perusahaan mengklaim telah melakukan pembicaraan dengan beberapa klien potensial. Beberapa di antaranya bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit, pendidikan (sekolah), dan maskapai penerbangan, terutama di daerah Sumatera Selatan, Pulau Nias, dan Papua.

Direktur Delta Nusantara Networks Aryanto Koedinar menjanjikan bahwa First Net dapat menyediakan akses internet berkecepatan 2-20 Mbps dengan memanfaatkan teknologi  Very Small Aperture Terminal (VSAT). Terkait dengan biaya, layanan bulanan diatur pada kisaran harga hingga Rp 15 juta berdasarkan situs resminya.

VSAT mengacu pada stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan yang berukuran kurang dari tiga meter. Fungsi utamanya adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit, contohnya pada transaksi kartu kredit atau polling. Kelebihannya, VSAT memiliki kemampuan untuk digunakan pada benda bergerak, seperti pada kapal laut.

Dikutip dari Jakarta Globe, Ariyanto mengatakan, “Masih ada peluang yang sangat besar untuk perusahaan-perusahaan internet di Indonesia [dan] VSAT dapat mengisi kesenjangan di daerah terpencil yang memiliki infrastruktur menantang.”

“Kami dapat menjangkau daerah-daerah terpencil yang biasanya sulit dijangkau oleh [layanan] kabel. Jadi, perusahaan perkebunan atau perusahaan tambang dapat menggunakan layanan kami, begitu juga sekolahan dan rumah sakit,” tambahnya.

Delta Nusantara Networks sendiri adalah anak perusahaan First Media yang berada di bawah payung Grup Lippo. Sejauh ini, Delta telah menginvestasikan dana sebesar $1,5-2 juta dalam rangka mempersiapkan setidaknya dua transponder satelit untuk layanan, yang akan diarahkan lebih untuk klien perusahaan.

Hadirnya layanan First Net, yang berkolaborasi dengan operator satelit lokal Adiwara, akan bersaing dengan IM2 dari Indosat, Metrasat, dan IndiHomeSky. Ketiga layanan tersebut juga menggunakan teknologi VSAT yang mirip dalam menawarkan akses Internet berbasis satelit.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again