Categories

Berita

Grupara Pimpin Pendanaan Pre-Seed Konsaato, Layanan Crowdfunding Konser Musik

Pendanaan pre-seed ini juga didukung oleh Andy Zain dan pasangan selebriti Asraf Sinclair dengan Bunga Citra Lestari

Adjie Priambada - 30 May 2016

Hari ini (30/5) startup asal Indonesia Konsaato mengumumkan telah mendapatkan pendanaan pre-seed. Putaran pendanaan pre-seed Konsaato ini dipimpin oleh Grupara Inc yang didukung oleh Andy Zain dari Kejora dan pasangan selebriti Asraf Sinclair dengan Bunga Citra Lestari. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk pengembangan platform Konsaato ke tingkat selanjutnya.

Konsaato mendefinisikan diri sebagai platform on-demand forecastonline dengan metode patungan atau crowdfunding pertama di Indonesia. Layanan ini bertujuan untuk membawakan musisi favorit para penggemar musik ke kota mereka dan menggelar konser.

Konsaato didirikan oleh lima orang anak muda dalam acara Startup Weekend yang digelar di co-working space Freeware, Jakarta pada Desember 2015 silam. Mereka adalah Danny Widodo, Wilson Nugraha Citra, Afi Integritya, Vicky Hardiman dan Handoko Tjung. Sebagian besar dari mereka baru bertemu pada saat acara Startup Weekend.

Berangkat dari kompetisi tersebut, lima orang co-founder Konsaato ini memutuskan untuk tetap melanjutkan proyek selama tiga bulan ke depan. Hasilnya, dari prototipe situs yang dibangun dan kampanye yang dijalankan, mereka sukses membawa penyanyi dan penulis lagu Jepang d-Ize. Ini berujung pada perolehan pendanaan pre-seed Konsaato dari empat investor yang dipimpin oleh Grupara.

Founder Grupara Inc Aryo Ariotedjo mengatakan, “Konsaato akan menjadi generasi baru di segmen event organizing dan akan menjadi pendukung utama bagi semua event organizer di seluruh Asia Tenggara.”

[Baca juga: Menerapkan Konsep Lean Startup ala Agensi Turisme Musik Konserama]

“Memberikan artis sebuah kesempatan untuk mendengar suara penggemar mereka, mendengar permintaan mereka, dan kesempatan solid untuk mempromosikan tindakan dan artis secara langsung pada telinga dan hati yang berdedikasi adalah hal yang masuk akal bagi saya untuk berinvestasi di Konsaato,” ujar Asraf menambahkan.

Kemitraan strategis dengan empat investor lewat pendanaan pre-seed Konsaato ini diharapkan bisa membantu platform Konsaato ke tingkat lebih tinggi. Langkah awalnya bisa dilihat dari wajah baru Konsaato yang direncanakan meluncur awal Juni 2016 nanti.

Bersamaan dengan itu sistem kampanye Tangan Tampilkan baru yang akan memilah data yang diperlukan untuk membuat konser terjadi juga akan diperkenalkan.

Saat ini Konstantoo mengklaim sudah ada lebih dari 20.000 permintaan yang dibuat pada prototipe situsnya. Mayoritas permintaan konser tersebut berasal dari Jakarta.

Konsaato juga akan fokus membangun komunitas. Dalam jangka panjang, tujuannya adalah membangun hubungan bagi para penggemar musik lokal dalam rangka membawa seniman internasional lebih banyak ke Indonesia dan kota-kota lain di Asia Tenggara.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter