Categories

Berita

Guardian Jadikan Koran Sebagai Platform

Rama Mamuaya - 11 March 2009

Langkah The Guardian ini menyusul langkah yang sama yang dilakukan oleh New York Times dengan membuka API untuk pencarian artikel dan juga sindikasi konten di NYTimes.com. Namun, NYTimes lebih fleksibel dalam menyediakan API per-kategori seperti movie-review, breaking news, dll. Langkah yang sangat ambisius untuk mengubah sebuah konten digital menjadi sebuah platform open web sarat akan keterbukaan dan kolaborasi, meski wujudnya belum tampak secara utuh dan sedang dalam pengembangan.

Rupanya langkah NYTimes ini kemudian diikuti oleh banyak kompetitor seperti BBC dan NPR, mungkin ini memang langkah yang obvious untuk diambil oleh media konvensional agar bisa tetap bertahan di perubahan era ke era digital. Kenapa mereka justru membuka artikel-artikel mereka kepada pengembang pihak ketiga? Prinsip kolaborasi dirasa menjadi jawaban yang paling tepat. Ketika sebuah situs berita menutup konten beritanya secara eksklusif maka tentu akan kalah dengan kompetitor lain yang membuka diri terhadap pengembang yang secara cuma-cuma mempromosikan konten mereka ke para penggunanya.

Win-win solution bukan? Lalu apakah koran online lokal masih takut kontennya dicuri plagiator? Kenapa masih belum berani “membuka diri”?¬† Bagaimana pendapat anda mengenai prinsip kolaborasi di era open web ini? Silahkan komentar di bawah ūüôā

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter