Categories

Gadget

Guess Connect Adalah Smartwatch yang Tak Kalah Anggun dari Apple Watch

Glenn Kaonang - 16 January 2015

Apple Watch membuat gempar pasar smartwatch saat diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran iPhone 6 bulan September tahun lalu. Meski belum mulai dipasarkan, perangkat ini digadang-gadang sebagai smartwatch paling anggun hingga saat ini.

Smartwatch sendiri sejatinya masih dalam tahap pendewasaan, dimana pabrikan-pabrikan masih memilah-milah formula desain yang tepat untuk produk-produknya. Sejauh ini, salah satu resep desain yang dianggap oke untuk sebuah smartwatch justru lebih mengacu pada arloji tradisional, seperti yang dilakukan oleh brandfashion ternama, Guess.

Guess Connect merupakan smartwatch dengan wujud seperti arloji tradisional. Desainnya banyak dipengaruhi oleh lini arloji Rigor besutan Guess sendiri, dimana Guess Connect masih mengadopsi gaya analog, lengkap dengan komponen crown di sisi kanannya.

 

Info menarik: Sony SmartWatch 3 Versi Stainless Steel Terlihat Lebih Elegan

 

Sepintas ia tampak tidak jauh berbeda dari arloji biasa, namun inspeksi lebih lanjut akan memperlihatkan keberadaan layar OLED monokrom pada bagian bawah wajahnya. Layar ini berfungsi untuk menampilkan notifikasi yang masuk ke smartphone penggunanya.

Wujud anggun Guess Connect yang tahan air ini kemudian didampingi oleh teknologi besutan Martian, pabrikan smartwatch yang populer akan produk-produknya yang juga berwujud arloji tradisional. Bodi Guess Connect telah ditanami modul buatan Martian yang mengusung sebuah mikrofon dan speaker.

Berbekal modul ini, Guess Connect dapat dioperasikan menggunakan perintah suara kala tersambung dengan smartphone. Pengguna bisa mendengarkan pesan yang masuk ke smartphone, lalu memberikan respon dengan mendikte Guess Connect.

Modul ini juga memungkinkan pengguna Guess Connect untuk berinteraksi dengan virtual assistant bawaan smartphone, seperti Siri dan Google Voice.

Kemampuan ini juga didukung oleh fitur Dual Mode racikan Martian, dimana Guess Connect dapat memanfaatkan konektivitas Bluetooth klasik sebagai media perintah suara, dan Bluetooth LE (low-energy) sebagai media penyambungnya dengan smartphone melalui berbagai macam aplikasi.

 

Info menarik: Garmin Rilis Tiga Smartwatch Baru di CES 2015

 

Dalam pengoperasiannya, pengguna dapat mengunduh aplikasi pendamping Guess Connect di perangkat Android maupun iOS secara gratis. Menggunakan aplikasi ini, pengguna juga dapat melakukan kustomisasi terhadap notifikasi yang akan diteruskan ke Guess Connect – berbagai pola getaran dapat dipilih untuk membedakan jenis notifikasi yang masuk.

Satu hal yang tak kalah menarik dari desain Guess Connect adalah kemampuan untuk menerima upgrade secara bertahap, baik dari segi fitur, sensor maupun komponen lainnya. Hal ini diharapkan dapat menambah ‘umur’ Guess Connect dalam persaingannya di pasar perangkat smartwatch.

Dari sini kita dapat melihat bahwa Guess Connect merupakan buah perkawinan dari dua industri yang berbeda, yakni industri teknologi yang diwakili Martian dan industri fashion yang diwakili Guess. Kolaborasi ini rupanya mendapat respon positif, dimana Guess Connect berhasil meraih gelar Innovation Honoree Award pada ajang CES 2015 kemarin.

 

Info menarik: Prototipe Sony SmartEyeglass Attach Jadikan Kacamata Apapun Sepintar Google Glass

 

Sama seperti Apple Watch, Guess Connect masih belum memiliki jadwal rilis pasti dan harga jual resmi hingga saat ini. Kami sendiri memprediksi Guess Connect akan dijual dengan harga yang lebih tinggi ketimbang smartwatch lain di pasaran.

Alasannya sederhana dan serupa dengan yang dialami oleh produk-produk keluaran Apple: ada logo “Guess” yang terpampang.

Sumber: PR Newswire.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter