Setelah Batman dan The Joker, karakter DC Comics yang sudah bisa Anda mainkan dalam game MOBA Arena of Valor (AOV) ialah Superman. Flash dan Wonder Woman juga sudah dipastikan akan hadir.

Keistimewaan The Man of Steel adalah skill pasif mode Flight atau terbang, membuatnya memiliki mobilitas yang tinggi. Saat Superman terbang, skill yang dimilikinya juga berubah dan efeknya semakin dahsyat.

Peran utama Superman sejatinya adalah sebagai Warrior, namun karena tingkat ketahanannya tinggi, ia juga bisa berperan sebagai Tank. Untuk memaksimalkan penggunaan Superman dalam Quick Match atau Ranked Match, berikut ulasan mengenai guide Superman Arena of Valor dan tips menggunakan skill-nya.

1. Latar Belakang Superman
guide-superman-arena-of-valor-7

Di planet Krypton yang hampir punah, sesosok anak yatim bernama Kal-El diletakkan di dalam roket dan dikirimkan ke planet Bumi yang jauh di sana. Kal-El, penghuni terakhir bangsa Krypton yang selamat, dibesarkan oleh sepasang petani, Martha dan Jonathan Kent. Mereka menamainya Clark dan menanamkan moral luhur yang menjadi awal lahirnya sesosok pahlawan bernama Superman.

Di Bumi, radiasi sinar matahari memungkinkan dirinya untuk melatih kemampuan luar biasa, termasuk kekuatan, kecepatan, dan kekebalan. Dia juga memiliki kemampuan untuk terbang, sinar X, laser, penglihatan mikroskopis, dan jarak jauh. Namun, rasa terkucilkan senantiasa mendampingi hasratnya untuk menolong penduduk Bumi.

Walaupun dia sudah menganggap Bumi sebagai rumah, planet itu bukanlah tanah kelahirannya. Sadar bahwa kampung halaman yang sesungguhnya, planet Krypton, hanyalah berupa debu bintang dan kepingan reruntuhan, mencegah Superman untuk pergi jauh meninggalkan Bumi.

Semua itu berubah di sebuah hari di musim gugur, saat Superman bertemu salah satu musuh besarnya. Brainiac, dinaungi kekuatan yang bersumber dari sesuatu yang misterius, mendarat di Bumi bersama pasukan Drone canggih. Superman dipaksa mengerahkan seluruh kekuatan yang dimiliki untuk mengalahkan Brainiac.

Akhirnya, ketangguhan The Man of Steel membawanya menuju kemenangan dan sebelum mengalahkan Brainiac, penglihatan sinar X-nya menangkap sesuatu yang memiliki aura terang nan bersinar. Superman mencabut batu yang menempel di baju pelindung Brainiac dan merasakan derasnya kekuatan yang mengalir di tangannya dan merasuki dirinya. Merasa ada yang keliru dengan kekuatan benda itu, Superman kembali ke markas Fortress of Solitude untuk meneliti artefak langka itu.

Komputer Fortress of Solitude tak mampu melacak sumber zat penyusun artefak tersebut. Namun, ada satu petunjuk yang ditemukan: sebuah catatan dari ayah Kal-El, sang ilmuwan dari Krypton.
guide-superman-arena-of-valor-1
Superman mengetahui bahwa ayahnya meneliti artefak serupa, yang bernama Andura Shard. Benda yang mampu memberi kekuatan pada Brainiac untuk menguasai Bumi itu ternyata hanyalah berupa sebagian kecil dari bongkahan yang lebih besar.

Andura Shard berasal dari sebuah alam bernama Athanor, tempat yang jauh melampaui Phantom Zone. Sebagian besar ilmuwan Krypton memandang pernyataan Jor-El sebelah mata, pernyataan bahwa dimensi paralel benar-benar ada. Pernyataan paling berani darinya, bahwa sihir yang terpancar dari Athanor terhubung dengan alam dunia, nyaris mengakhiri karirnya.

Namun Jor-El benar adanya. Seraya Superman mendalami arsip yang terdapat di Fortress of Solitude, dia mengetahui bahwa bangsa Krypton kuno pernah menjelajahi galaksi demi mencari Andura Shard, dan bahkan mungkin pernah mengunjungi Bumi jauh di masa lalu sebagai bagian dari misi mereka. Namun, dalam pencariannya, terungkap bahwa Brainiac tengah memulai lagi pencariannya atas Andura Shard dan jika dia mampu memiliki sumber kekuatan besar ini, planet Bumi akan terancam bahaya.

Superman sudah pernah kehilangan satu dunia dan dia tak ingin merasa kehilangan lagi. Oleh karena itu, The Man of Steel telah memulai pencariannya ke penjuru galaksi demi menemukan Athanor dan Andura Shard. Dalam misinya untuk mewujudkan warisan dari ayahnya, dia akan menghadapi kenyataan bahwa dirinya akan menjadi pelindung Athanor demi mengungkapkan kebenaran dan mewujudkan keadilan.

  • Pertahanan 7.3
  • Serangan 4.5
  • Efek Skill 5.5
  • Kesulitan 6.4

2. Skill Pasif Superman – Flight
guide-superman-arena-of-valor-2

Superman punya dua mode, terbang dan berjalan. Tiap berjalan 100 unit, ia mendapat peningkatan Movement Speed 2 persen dan mengumpulkan energi untuk terbang. Mode Flight memberi 20 persen Movement Speed saat bergerak ke arah musuh dan Attack Normal-nya menimbulkan tambahan damage sebesar 12 persen dari HP maks-nya.

Tips: Superman dapat memasuki mode Flight selama terus bergerak, walaupun hanya sekadar berputar-putar.

3. Skill 1 Superman – Kryptonian Strength

guide-superman-arena-of-valor-3

  • Cooldown: 8 detik

Superman menggunakan nafas esnya untuk menciptakan badai salju yang menimbulkan 250 (+255) Physical Damage pada musuh dan mengurangi Movement Speed mereka sebesar 50 persen selama satu detik.

Dalam mode Flight, Superman akan menghantam musuh dan menimbulkan 170 Physical Damage (+398)(12 persen dari HP maksimumnya) dan kemudian menembakkan lasernya yang menimbulkan tambahan 250 (+255) Physical Damage.

Tips: Dalam mode Flight, damage yang dihasilkan Kryptonian Strength sangat besar. Namun, area jangkauannya cukup kecil. Jadi, gunakan saat musuh berada dalam jarak dekat. Sedangkan saat mode berjalan, serangan Kryptonian Strength yang berupa badai salju bertipe area yang cukup luas.

4. Skill 2 Superman – Man of Steel

guide-superman-arena-of-valor-4

  • Cooldown: 12 detik

Superman akan mengerahkan kekuatan penuhnya yang seketika membebaskan dirinya dari Control Effect dan meningkatkan Movement Speed-nya secara signifikan.

Sementara dalam mode Flight, Superman akan menghantam tanah dan memukul mundur musuh yang menimbulkan 355 (+191) Physical Damage dan juga membebaskan dirinya dari Control Effect dan meningkatkan Movement Speed-nya.

Tips: Pastikan menggunakan skill ini setelah Anda terkena Control Effect, bukan untuk mencegahnya. Lalu, pada mode Flight, skill 2 ini dapat terbang melampaui objek/rintangan seperti tembok.

5. Skill Ultimate Superman – Speeding Bullet

guide-superman-arena-of-valor-5

  • Cooldown: 50 detik

Superman mengerahkan potensi penuhnya, yang meningkatkan kecepatan pengisian energinya sebesar 100 persen selama 10 detik.

Dalam mode Flight, Superman akan menghantam musuhnya dan memukul mundur, menimbulkan 170 Physical Damage (+398)(12 persen dari HP maksumnya) dan menerima peningkatan kecepatan pengisian energi sebesar 100 persen selama 10 detik.

Tips: Mode Flight memang memiliki keuntungan lebih, tapi kontrol skill-nya cukup sulit dan jangkauannya pendek. Jadi, pastikan Anda mengenai musuh dan hantam dalam jarak dekat.

6. Arcana, Build Item, dan Talent Superman

Untuk rekomendasi arcana Superman level 2 adalah Brute Force, Rainforce, dan Potential. Kemudian, arcana level 3-nya adalah Bloodlust, Colossus, dan Herculean Power.

Berikut build item Superman yang bisa Anda gunakan, tentunya bisa disesuaikan sesuai dengan gaya pertarungan Anda.

  • Boots of Speed (Movement)
  • Spear of Longinus (Attack)
  • Gaia’s Standard (Defense)
  • Rankbreaker (Attack)
  • Odin’s Will (Defense)
  • Medallion of Troy (Defense)

Sedangkan, talent yang cocok digunakan ialah Roar yang akan meningkatkan Attack Speed Superman sebesar 60 persen dan Attack Damage sebesar 10 persen selama 5 detik.


Demikian pembahasan mengenai guide Superman Arena of Valor (AOV), tips menggunakan skill-nya, dan rekomendasi arcana, build item, serta talent. Mode terbang membuat Superman memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga bisa berpindah lane dengan cepat untuk membantu menyerang musuh bersama rekan tim Anda dan mengobrak-abrik strategi musuh. Karena tidak menggunakan sistem Mana, jangan ragu untuk gunakan skill setelah waktu cooldown selesai.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.