23 January 2018

by Lukman Azis

Guide Tel'Annas Arena of Valor, Sang Bintang Pagi Pelindung Bumi

Sang Ratu Elf Tel'Annas, sekali lagi menarik busurnya setelah terjaga dari tidurnya selama seribu tahun untuk melenyapkan pasukan kegelapan dan melindungi semua mahluk di Bumi. Keahlian berpanahnya yang tak tertandingi membuat Tel'Annas menjadi hero archer yang sangat mematikan di arena Antaris.

Daya tempurnya menghasilkan physical damage yang sangat besar dan mampu menghancurkan tower dengan cepat. Namun seperti hero archer pada umumnya, Tel'Annas memiliki HP rendah sehingga memerlukan mobilitas tinggi dan menjaga jarak aman dalam pertempuran.

Di bawah ini saya sajikan guide Tel'Annas Arena of Valor dan tips trik memaksimalkan skill-nya.

1. Skill Pasif Tel'Annas - Morning Star Tel'Annas akan meningkatkan attack damage sebesar 10 persen saat berada dekat hero kawan.

Tips: Archer itu tidak boleh beraksi sendirian, karena defense Tel'Annas sangat lemah sehingga rawan di gank. Sebaliknya, Tel'Annas sangat kuat jika bersama tim. Skill pasif Tel'Annas akan meningkatkan attack damage sebesar 10 persen saat nge-gank musuh.

2. Skill 1 Tel'Annas AOV - Dragon's Claw (Magic & Control)

  • Cooldown: 10 detik
  • Biaya Mana: 65

Pasif: Tiap attack normal akan menimbulkan pengurangan movement speed sebesar 6 persen, yang bertumpuk hingga 5 kali.

Aktif: Tel'Annas menerima peningkatan jarak serang selama 3 detik dan attack speed sebesar 20 persen. Panah dari attack normal akan menerima kekuatan kegelapan yang menimbulkan tambahan magic damage.

Tips: Boleh jadi inilah skill utama yang dipunyai Tel'Annas, skill Dragon's Claw tak hanya membuatnya sangat baik dalam urusan push tower, tapi juga sangat bisa diandalkan ketika war terjadi.

Peningkatan jarak serang memungkinkan Tel'Annas menyerang tower di luar jangkauan serangan tower. Lalu, peningkatan attack speed dan efek slow yang ditimbulkan juga membuatnya dapat menghujani serangan ke musuh dalam jarak aman.

3. Skill 2 Tel'Annas AOV - Shadow Arrow (Physical & Control)

  • Cooldown: 9 detik
  • Biaya Mana: 70

Tel'Annas menembakkan tiga panah bersamaan, menimbulkan physical damage dalam satu garis dan mengurangi movement speed sebesar 30 persen selama 2 detik. Tiap serangan yang mengenai musuh akan mengurangi damage sebesar 20 persen dan maksimum hingga 40 persen.

Tips: Lepaskan ke musuh yang berkumpul, Anda dapat mencicil damage musuh secara signifikan dengan menembakkan skill Shadow Arrow. Apalagi jika dipadukan dengan skill1 Dragon's Claw.

4. Skill Ultimate Tel'Annas AOV - Spinning Arrow (Physical & Control)

  • Cooldown: 45 detik
  • Biaya Mana: 130

Menembakkan Spinning Arrow ke sasaran setelah delay singkat. Musuh yang terkena tembakan, menerima physical damage. Semakin jauh jarak musuh, semakin besar pula damage yang ditimbulkan. Selain itu, musuh yang terkena hit akan ter-stun selama 1 detik dan meningkatkan movement speed Tel'Annas sebesar 20 persen selama 2 detik.

Tips: Gunakan skill ultimateSpinning Arrow saat musuh berkumpul atau dalam posisi sejajar untuk memulai serangan kombinasi. Lanjutkan dengan skill 2, lalu lepaskan skill 1 untuk memperluas jarak serang dan beri attack normal untuk menghasilkan tambahan damage.

5. Arcana, Talent, dan Build Item Tel'Annas AOV Tel'Annas sangat mengandalkan kecepatan, karena itu arcana level 3 yang cocok adalah awake, assassinate, dan dragon's claw. Atau arcana lainnya terutama untuk meningkatkan attack speed, physical attack, dan movement speed Tel'Annas.

Gunakan talent flicker untuk kabur dari gank lawan saat kondisi tidak menguntungkan. Berikut build item Tel'Annas untuk menghasilkan damage sebesar mungkin:

  • Rankbreaker (Attack)
  • War Boots (Movement)
  • Slikk's Sting (Attack)
  • The Beast (Attack)
  • Claves Sancti (Attack)
  • Blitz Blade (Attack)

7. Tips Menggunakan Tel'Annas AOV Sebagai archer, posisi paling strategis Tel'Annas adalah di lane terdekat dengan Abyssal Dragon ditemani hero support karena Tel'Annas memerlukan jumlah farm yang banyak dan juga item yang lengkap sebelum siap menggempur musuh habis-habisan.

Seperti hero archer Arena of Valor lainnya, Tel'Annas sangat lemah di awal permainan. Tapi, jangan sampai mati karena sangat penting untuk meningkatkan level hero dengan segera. Sebagai archer, Tel'Annas harus punya serangan yang 'sakit', agar bisa membunuh musuh yang mendekat sebelum menyentuh Tel'Annas.

Selalu maksimalkan jarak serangan terjauh, berikan damage sebesar mungkin kepada musuh saat war dengan combo skill ultimate, skill 2, skill 1, dan attack normal. Setelah berhasil membunuh musuh, langsung push tower, jika creep belum datang gunakan skill pertama untuk mencicil tower.