11 December 2017

by Lukman Azis

[Guide] The Joker Arena of Valor, Pengacau Arena Antaris

Berperan sebagai Archer, tugas Joker adalah mencicil damage kepada musuh sedikit demi sedikit tanpa maksud untuk mengejarnya hingga terbunuh.

Setelah mengulas superheroSuperman, tak lengkap rasanya jika tidak membahas guide salah satu supervillain paling 'gila' dalam dunia DC Comics, The Joker. Berperan sebagai Archer, tugas Joker adalah mencicil damage kepada musuh sedikit demi sedikit tanpa maksud untuk mengejarnya hingga terbunuh.

Untuk memaksimalkan penggunaan hero The Joker Arena of Valor pada Quick Match dan Ranked Match. Berikut guide The Joker, pengacau arena Antaris, dan tips menggunakan skill-nya.

1. Latar Belakang The Joker Arena of Valor

Asal usul The Joker diselimuti misteri, namun yang diketahui dari dirinya adalah dulu dia hanyalah penjahat kelas teri yang akibat satu kecelakaan mengubahnya menjadi The Clown Prince of Crime. Keyakinan Joker bahwa kehidupan itu rentan akan perubahan menjadi pendorong baginya untuk berbuat kekacauan yang menjadi akar rezim terornya di Kota Gotham.

Ia meyakini bahwa kehidupan sama sekali tak ada artinya, Joker bertekad untuk menunjukkan pada orang-orang bahkan seluruh dunia bahwa Anda hanya memerlukan satu momen untuk mengacaukan kehidupan yang Anda jalani.

The Joker telah sering menculik, membunuh, dan menyiksa banyak orang di seluruh dunia, namun arena utamanya adalah Kota Gotham. Lebih tepatnya, dulu di Gotham, Joker begitu terobsesi dengan Punchline gurauannya: kehancuran akan idealisme Batman.

Namun, tak peduli segenting apapun situasi yang muncul, Batman tak tunduk menghadapi segala tipu daya Joker. Bahkan saat aksi Joker memakan nyawa sejumlah orang tersayang Batman, The Dark Knight tetap berdiri teguh. Alih-alih, Batman berhasil membalik keadaan dengan memanfaatkan modifikasi Fear Toxin ciptaan Scarecrow.

Sebelumnya, Joker tak mengenal rasa takut. Berkat Fear Toxin racikan Batman yang merasuk dalam tubuhnya, ia akhirnya mengenal apa itu rasa takut untuk pertama kalinya. Sensasi traumatis yang dialaminya cukup untuk meruntuhkan segala kewarasan yang tersisa dalam dirinya. Tanpa menjalani pengadilan atas kejahatan yang dilakukannya, dia langsung ditahan di Arkham Asylum. Di sini, Joker bagaikan komedian tanpa selera humor. Adakah yang lucu di hadapan teror yang sesungguhnya? Ia mulai berputus asa saat berpikir tak bisa lagi menertawakan dunia yang dikenalnya.

Hal itu berubah saat ada tahanan baru yang dijebloskan ke Arkham. Lelaki ini juga, tak waras. Namun, di balik ketidakwarasannya, dia bergumam tentang perhitungan matematis yang aneh dan berbisik pelan. Dan saat dia tertidur, dia mengucapkan satu kata: "Athanor… Athanor." Ketidakwarasannya menarik perhatian Joker.

Berkat trik dan tipu daya yang dimilikinya, Joker berhasil berteman dengan tahanan itu dan mengetahui tempat asalnya. Pernah menjadi ilmuwan, tahanan itu mempelajari ledakan radiasi yang muncul dan dapat dikategorikan sebagai fenomena paranormal.

Sang ilmuwan telah menemukan jawabannya: sebuah gerbang menuju dunia lain. Ia berbicara tentang dunia Athanor, dengan penuh keyakinan. Jelaslah bahwa apa yang dialaminya telah mengubah jati diri sang ilmuwan.

Joker sama sekali sedang tak mencari pencerahan spiritual ataupun metode yang mampu mengobati kesintingannya; tidak, dia mendambakan dunia Athanor yang terdengar indah dan damai ini, supaya dia bisa berbuat kekacauan di sana.

Dengan tekad yang bulat, Joker kabur dari Arkham, seperti yang sudah sering dilakukannya. Namun, kali ini dia tak berniat untuk menebar kekacauan di Gotham. Joker yang baru saja bebas bergegas mencari Athanor.

Setelah pencarian selama berbulan-bulan, ia akhirnya menemukan gerbang menuju Athanor. Dan sekarang, bahkan para dewa yang sudah lama berkuasa di dunia itu pun akan kewalahan menghadapi pria yang sejatinya merupakan perwujudan atas sesuatu yang bernama kekacauan.

  • Pertahanan 1.8
  • Serangan 7.3
  • Efek Skill 4.5
  • Kesulitan 6.4

2. Skill Pasif The Joker - Enhanced Bullets

Setelah keluar dari pertarungan, Joker mengisi ulang senapannya dengan peluru upgrade sehingga Attack Normal berikutnya memiliki peningkatan jarak serang dan menimbulkan 200 Physical Damage. Peluru tersebut juga mengurangi Movement Speed musuh sebesar 90 persen dan perlahan melemah selama 1,5 detik.

Tips: Joker memiliki kemampuan menghasilkan Physical Damage yang sangat besar. Namun, HP yang dimilikinya sangat rendah sehingga penting untuk menjaga jarak aman dalam pertempuran. Jadi, maksimalkan jangkauan serangan yang ada.

3. Skill 1 The Joker - Horror Gift Pack

  • Cooldown: 5 detik
  • Biaya Mana: 50

Joker menyalakan paket hadiah yang akan meluncurkan roket kuat dan mengakibatkan 365(+297) Physical Damage ke musuh di jalur roket.

Tips: Inilah skill paling penting yang dimiliki Joker, prioritaskan untuk upgrade skill 1 terlebih dahulu. Roket yang diluncurkan punya jangkauan yang jauh. Gunakan skill 1 untuk mencicil damage kepada musuh sedikit demi sedikit.

4. Skill 2 The Joker - Deceptive Magic

  • Cooldown: 15 detik
  • Biaya Mana: 80

Dengan sulap tipuan, The Joker menghapus efek penghambat pergerakan dari dirinya dan meningkatkan 30 persen Movement Speed-nya. Serta imunitas terhadap Physical Damage selama 2 detik.

Tips: Joker memerlukan mobilitas tinggi dan pastinya akan menjadi incaran musuh. Gunakan skill 2 ini untuk menjaga jarak aman dalam pertempuran.

5. Skill Ultimate The Joker - Lethal Laughing Gas

  • Cooldown: 20 detik
  • Biaya Mana: 100

Joker berlari ke sasaran dan mengikatkan tabung gas sambil tertawa yang meng-stun mereka selama beberapa saat. Dia tak bisa ditarget selama mengaktifkan skill. Tabung tersebut lalu meledak dan menimbulkan 440 (+396) Physical Damage dan mengurangi Movement Speed sasaran sebesar 90 persen. Efek pengurangan pergerakan akan melemah secara bertahap dalam 1,5 detik dan Joker kembali ke posisi awalnya setelah ledakan terjadi.

Tips: Saat team fight, pilih target potensial yakni hero musuh yang memiliki HP rendah. Maka seketika, Anda dapat membunuh musuh dan mendominasi pertarungan.

6. Arcana, Build Item, dan Telent The Joker

Rekomendasi Arcana level 2 Joker adalah Mob, Final Battle, dan Savage. Sedangkan, Arcana level 3-nya Rampage, Throne, dan Dragon's Claw.

Berikut ini build item The Joker AOV yang bisa Anda gunakan, bisa dimodifikasi lagi sesuaikan dengan gaya permainan Anda.

  • Rankbreaker (Attack)
  • Hermes' Select (Movement)
  • Claves Santcti (Attack)
  • Frost Cape (Defense)
  • The Beast (Attack)
  • Fenrir's Tooth (Attack)

Sementara talent yang cocok untuk The Joker ialah Punish yang akan menimbulkan 800 Real DMG ke musuh terdekat dan meng-stun selama 1 detik. Atau Flicker untuk melakukan teleport jarak pendek untuk melarikan diri ketika keadaan tidak menguntungkan.


Demikian ulasan mengenai guide The Joker Arena of Valor dan tips menggunakan skill yang dimilikinya. Kuncinya ialah sabar, terus cicil, dan maksimal jangkauan serangan yang dimilikinya. Saat team fight pastikan berada di belakang hero Tank dan Warrior. Lalu, bidik sasaran dengan tepat. Skill 1 Joker punya jeda waktu sebelum roket meledak, jadi di sini Anda juga harus pintar-pintar memprediksi pergerakan musuh.