Sebelum konsep augmented dan mixed reality dipahami lebih banyak orang, keajaiban penggunaannya sempat dipopulerkan oleh Tony Stark di film Iron Man satu dekade lalu. Di sana, Stark bisa melakukan beragam hal menggunakan hologram interaktif buatannya, termasuk untuk mempermudahnya melakukan navigasi ketika mengenakan ‘eksoskeleton’ Iron Man.

Meski belum secanggih di film, beberapa perangkat seperti HoloLens mengadopsi teknologi mixed reality sehingga memberikan penggunanya sensasi berinteraksi dengan objek-objek virtual. Buat sekarang, perangkat-perangkat MR masih belum dapat dijangkau oleh semua kalangan (kontennya juga lebih ditujukan buat kebutuhan industri serta pelatihan). Tapi Hasbro punya alternatif menjanjikan buat memenuhi impian orang jadi Iron Man.

HV 2

Sebelum ajang New York Toy Fair dibuka, Hasbro memperkenalkan Marvel Avengers: Infinity War Hero Vision, yaitu mainan berbasis augmented reality yang mempersilakan Anda jadi Iron Man. Mainan ini terdiri dari beberapa bagian: helm, headset/goggle dan gauntlet. Dan mungkin Anda sudah bisa menerka, Hero Vision juga membutuhkan dukungan smartphone agar dapat bekerja.

HV 5

Untuk mengakses permainan, Anda perlu mengunduh aplikasi ke perangkat iOS atau Android. Selanjutnya, tempatkan smartphone di goggle, lalu pasang helm serta gauntlet-nya. Untuk mengaktifkan app, goggle perlu memindai token ‘Infinity Stone’ yang berada di gauntlet, dan kemudian, Anda akan bagian melihat tangan ini sudah dilindungi armor Iron Man.

HV 1

Interaksi dalam permainan dilakukan sepenuhnya dengan gesture: arahkan telapak tangan ke luar untuk menembak lawan, dan ke dalam buat menangkis serangan musuh. Karena berbasis AR, bukan virtual reality, user masih bisa melihat keadaan di sekitarnya – sehingga Anda tak perlu khawatir akan tersandung atau menabrak sesuatu ketika mengenakan Hero Vision.

HV 4

Bundel Hero Vision juga dibekali dengan marker AR, yang memungkinkan kita menciptakan level sendiri cukup dengan menaruhnya di satu area dalam ruangan. Marker tersebut akan menandai arah datangnya Thanos beserta pasukannya. Permainan menyuguhkan 10 level, bisa Anda selesaikan ‘dalam hitungan jam’.

Tentu saja menempatkan marker di area berbeda dapat mengubah pengalaman bermain, membuatnya dapat dinikmati berkali-kali. Lalu setelah mencapai level tiga (kurang lebih 10 menit selepas game dimulai), Anda dipersilakan mengkustomisasi armor Iron Man.

Hasbro berencana untuk melepas Marvel Avengers: Infinity War Hero Vision di ‘musim semi’ tahun ini. Satu bundel lengkap dibanderol seharga US$ 50.

Dari sedikit riset, Hero Set tidak memerlukan perangkat berteknologi ARKit atau Tango. Ia membaca lokasi dengan token serta marker. Pastikan saja smartphone Anda sudah mengusung sistem operasi Android 5, iOS 6, atau versi-versi yang lebih baru.

Sumber: CNET & The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.