Apple TV generasi terbaru datang dengan Siri Remote yang cukup inovatif. Pun begitu, ada kalanya kita menonton selagi memegang iPhone, dan di saat tersebut akan lebih praktis seandainya iPhone bisa dijadikan pengganti Siri Remote.

Di sinilah aplikasi Apple TV Remote datang membantu. Dikembangkan sendiri oleh Apple, aplikasi ini dimaksudkan supaya pengguna tetap bisa menavigasikan Apple TV tanpa Siri Remote. Jadi seandainya remote control tersebut rusak akibat dibanting anak Anda, masih ada alternatif cuma-cuma ketimbang harus membeli baru.

Tampilannya sengaja dirancang semirip mungkin dengan Siri Remote, meskipun tidak ada tombol volumenya. Bagian atasnya didominasi oleh trackpad, disusul oleh tombol Menu di bawahnya dan tombol previous serta forward untuk kembali atau mempercepat video yang sedang diputar dalam interval 10 detik.

Tampilan aplikasi Apple TV Remote di iPhone / Apple
Tampilan aplikasi Apple TV Remote di iPhone / Apple

Salah satu kelebihan aplikasi ini dibanding Siri Remote adalah kemudahan untuk mengetik seperti menggunakan iPhone biasanya ketimbang harus mengandalkan keyboard virtual di layar Apple TV. Jadi saat harus melakukan pencarian atau mencantumkan password, Apple TV Remote jauh lebih unggul ketimbang Siri Remote.

Pengguna juga bisa mengubah iPhone atau iPod Touch-nya menjadi game controller Apple TV dengan aplikasi ini. Dengan demikian, game Apple TV yang mendukung mode multiplayer bisa dinikmati tanpa harus membeli Siri Remote tambahan.

Aplikasi Apple TV Remote saat ini sudah tersedia secara cuma-cuma di App Store. Versi iOS minimal yang bisa menjalankan adalah 9.3.2, sedangkan perangkat Apple TV yang didukung adalah mulai generasi kedua.

Sumber: MacStories.