1. Startup

Guru.or.id: Cikal Bakal Komunitas Guru-Guru Indonesia Menulis

Di era yang serba terbuka dan bebas seperti sekarang ini, informasi tentang dunia pendidikan kian mudah didapatkan, salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dalam hal ini kaitannya adalah dengan menggunakan internet. Guru.or.id hadir sebagai wadah bagi guru-guru Indonesia untuk menyuarakan berbagai pendapat maupun apa saja yang berkaitan dengan dunia pendidikan melalui sebuah karya tulisan di media online. Uniknya, website ini secara penuh dijalankan dan dikontribusi oleh para guru di Indonesia.

Guru.or.id merupakan situs yang menyajikan konten-konten tulisan mengenai informasi dunia pendidikan di Indonesia yang terkini dengan akurat dan lugas. Guru.or.id sejatinya mengajak para guru Indonesia untuk berkontribusi menulis berbagai informasi dan opini hingga tercipata sebuah wadah informasi yang pintar dan dapat mendidik.

Guru.or.id diawali dari pembentukan komunitas guru-guru muda yang tergabung dalam suatu wadah komunitas yang bernama Forum Guru Muda Indonesia (FGMI). Didirikan pada tahun 2011, awalnya forum ini berisikan guru-guru fresh graduate yang dikumpulkan demi menjalin berbagai informasi yang bertujuan untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia. Menurut situsnya sendiri, FGMI merupakan cikal bakal berdirinya guru.or.id sebagai media yang memfasilitasi publikasi para guru dalam bentuk online.

Dalam website ini pengunjung akan menemukan berbagai informasi artikel yang berkaitan dengan dunia pendidikan yang ditulis secara cerdas dan lugas oleh para guru-guru Indonesia yang berkontribusi dalam menyampaikan pendapat maupun apa saja. Seperti misalnya, terdapat kolom “Berita” yang memuat berita-berita terkini terkait dengan dunia pendidikan dan isu hangat di masyarakat, lalu ada juga kolom “Opini” dimana dalam kolom ini pengguna dapat membaca berbagai macam tulisan opini dari kontributor yang menyumbang karya tulisannya di website tersebut. Lalu juga ada kolom-kolom lain yang tak kalah menarik dan bermanfaat seperti Pengajaran, IPTEK, dan serta kolom lainnya.

Guru.or.id memiliki misi yang jelas, ingin mewadahi sebuah komunitas guru-guru di Indonesia agar dapat saling bertukar informasi, tukar pendapat, ide, dan apa saja melalui dunia kepenulisan di web (online) demi memajukan pendidikan Indonesia. Memilih media web dinilai merupakan langkah yang tepat dan akurat, diukur dari tren yang sedang berkembang saat ini hampir seluruhnya bermigrasi ke media online. Guru.or.id saat ini diklaim merupakan website portal yang sedang berkembang dengan visitor yang mencapai ribuan per harinya. ke depannya diharapakan Guru.or.id dapat menjadi salah satu referensi informasi pendidikan utama bagi masyarakat Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again