Hackster Live Pertama di Indonesia Digelar di Bandung

Hackster Live Pertama di Indonesia Digelar di Bandung

Mengumpulkan para pengembang dan stakeholder IoT untuk menggelorakan industri IoT tanah air
Hackster live pertama di Indoensia digelar di Bandung / Pixabay
Hackster live pertama di Indoensia digelar di Bandung / Pixabay

Sulit untuk tidak mengatakan bahwa pengembangan dan industri Internet of Things (IoT) di Indonesia terus bergeliat. Bukti terbaru adalah adanya acara di Indonesia, sebuah acara global yang diinisiasikan oleh Hackster.io untuk mendukung gerakan positif terhadap penguasaan hardware dan software termasuk melakukan edukasi untuk para makers atau pengembang hardware dan komunitasnya. Acara ini sendiri telah berlangsung Sabtu pekan lalu bertempat di DILo Bandung, Bale Motekar Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.

Dalam acara yang mengikutsertakan 70 orang pengembang hardware yang sudah lama berkecimpung di dunia IoT Indonesia diisi oleh pemateri-pemateri yang memang sudah akrab dengan pengembangan hardware dan industri IoT tanah air Mereka adalah Andri Yadi, penggagas DycodeEdu sekaligus duta Hackster.io, Yugie Nugraha dari Microsoft Indonesia, Rendara Toro dari Intel Innovator dan Fadhil dari Gravicode. Pembicara-pembicara yang hadir memberikan materi yang tidak lepas dari pembahasan IoT, seperti halnya membahas mengenai ESP8266-based development boards, Azure for IoT, Intel Edison dan .NETGadgeteer.

“Selain untuk menumbuhkan minat para makers Indonesia untuk berkarya di bidang IoT, acara ini juga merupakan rangkaian acara resmi dari Hackster Live untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dari Indonesia,” tutur Andri Yadi.

Selain itu Andri juga menjelaskan bahwa acara Hackster Live ini sebenarnya bisa diadakan oleh semua pihak, selama acara tersebut terdaftar di Hackter.io.

“Siapa saja bisa mengadakan acara ini, hanya saja status terdaftar atau tidaknya di Hakster.io ini yang harus diperjelas. Saya melihat DycodeEdu mampu mendukung pergerakan IoT ini, kenapa tidak untuk mengikutsertakan DycodeEdu dalam acara Hackster Live ini,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama Andri Yadi sebagai perwakilan komunitas maker dan stakeholder lainnya meluncurkan Makestro, sebuah tempat yang diperuntukkan bagi semua pihak untuk turut berpartisipasi dalam pergerakan maker ini. Secara konsep Makestro memberikan kesempatan semua orang yang bergabung untuk dapat berbagi, belajar, dan menjual karya-karya IoT buatan mereka untuk mendapatkan exposure, baik dari komunitas maupun stakeholder.

Seperti pernah kami beritakan sebelumnya salah satu permasalahan pengembangan hardware di Indonesia selain membutuhkan modal dan perangkat untuk mulai berkreasi kemungkinan mendapatkan harga yang layak juga menjadi permasalahan. Dihadirkannya acara Hackster Live dan Makestro ini sendiri seolah menjadi jawaban bagi para pengembang hardware di Indonesia.


Disclosure: DailySocial adalah media partner Hackster Live 2016

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…