31 March 2015

by Bambang Winarso

Hadang Qualcomm, MediaTek Perkenalkan Dua Chipset Kelas Atas Generasi "Helio"

Dengan bercokolnya Qualcomm di industri prosesor segmen kelas menengah dan atas, praktis MediaTek banyak bermain di segmen menengah ke bawah yang ditinggalkan oleh kompetitor.

Namun MediaTek tampaknya tak ingin terus berada di bawah bayang-bayang Qualcomm, dan untuk mengubah jalannya persaingan, mereka baru saja memperkenalkan varian chipset terbaru bernama Helio. Lini produk chipset terbaru yang digadang-gadang akan menjadi penantang Snapdragon 800 series buatan Qualcomm dan Exynos buatan Samsung di pasar prosesor high end.

Chipset dari keluarga Helio sebenarnya terbagi atas dua, yakni Helio X dan Helio P. Keduanya sama-sama varian yang diperuntukkan bagi perangkat kelas atas dengan jadwal rilis pada kuartal kedua tahun ini. Tak lama lagi.

Info Menarik:Berperang Melawan Zombie di Game Zombie Land World War

Helio X series hadir lewat Helio X10 64-bit SoC, kode X diklaim merupakan simbol dari “extreme performance” yang menggambarkan kemampuan chipset. Komponen ini akan membawa prosesor octa-core Cortex-A5 dengan clockspeed mencapai 2,2Ghz. Mendukung raterefresh layar hingga 120Hz dan video slowmotion di 480fps.

Dengan kemampuan tersebut, Helio X10 mendukung sejumlah teknologi seperti MiraVision Technology dan Smart Screen. Terakhir ada teknologi MediaTek Core Pilot yang dirancang untuk menghantarkan performa computing dari platform SoC mobile big.LITTLE dengan konsumsi daya yang minimum. Menghadirkan kombinasi terbaik antara performa dan efisiensi daya.

Info Menarik:Mari Belajar Gitar Mudah Dengan Gitar Pintar Jamstik+

Sayang belum ada detail yang menjelaskan soal varian Helio P, yang disimbolkan sebagai “premium performance chips”. Besar kemungkinan akan ada event khusus di lain hari untuk menjelaskan soal chipset tersebut.

Jika sesuai dengan jadwal yang direncanakan, Helio X10 akan meluncur dalam balutan perangkat pada kuartal kedua tahun 2015 ini. Kita tunggu saja!

Sumber berita PhoneArena.