Categories

Mobile

Hadirkan Fasilitas Hiburan Sosial Baru, Viber Luncurkan Fitur ‘Public Chats’

Bambang Winarso - 19 November 2014

Interaksi sosial dalam dunia hiburan dan bisnis yang makin intens mendorong Viber untuk lebih serius menggarap konsep ini dengan meluncurkan fitur anyar bernama Public Chats. Sebuah fitur tambahan yang memberikan wadah bagi pelaku bisnis dan publik figur untuk menghantarkan konten secara live.

Fitur Public Chats diresmikan peluncurannya beberapa jam yang lalu, dalam keterangannya, CEO Viber – Talmon Marcon, menyebut fitur ini sebagai eksperimen sosial. Dimana dengan Public Chats pengguna dapat berinteraksi dengan cara baru, mengikuti percakapan secara live dan memperoleh update dari brand, komunitas dan selebritis ternama dunia. Fitur ini mungkinkan pengguna menemukan, berbagi, dan berinteraksi dengan berbagai percapakan, komunitas, dan konten di perangkat mobile. Di Indonesia, fitur ini akan diluncurkan di Jakarta.

Dalam rilis persi disebutkan bahwa siapapun di Viber dapat mengikuti berbagai percakapan sebanyak yang mereka suka di perangkat mobile mereka. Percakapan yang ada dapat berbentuk multimedia, atau berupa teks, foto, audio, video, stiker, tautan web, dan lain-lain. Pengguna dapat mengundang teman-teman mereka untuk mengikuti Public Chats yang sesuai dengan ketertarikan mereka

Adapun rekanan yang sudah bergabung bersama Viber Public Chats antara lain blogger Perez Hilton, Tyler Oakley yang populer di YouTube, Pixie Lott, DJ Paul van Dyk, kemudian perusahaan fashion Next Model Management serta kanal sepakbola COPA90.

Sedangkan dari Indonesia, fitur ini menghadirkan berbagai tokoh dan merek lokal seperti DuaRansel, developer game Own Games, penulis lebih dari 25 buku dan pengusaha Aulia Halimatussadiah (Ollie), perusahaan penerbitan Gagas Media Group bersama Windy Ariestanty, komunitas fotografi terbesar di Indonesia, Fotografer.net, duo dinamis Bottlesmoker yang mengusung musik electropop, perusahaan mobile game dan hiburan digital Tinker Games, dan webzine musik Deathrockstar. Oh ya, DailySocial dan Trenologi juga hadir loh.

 

Info Menarik: Toyota Mirai, Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Pertama di Dunia

 

Dengan rilis resmi fitur baru ini, Viber akan menampilkan tambahan panel baru di bagian bawah aplikasi dengan label Public. Chat yang paling populer akan ditempatkan di layar home, pengguna dapat mengetahui siapa yang sedang mengobrol. Selain itu pengguna dapat dengan mudah mencari untuk melihat siapa saja yang sedang mengobrol atau bisa juga mengakses percakapan lewat URL yang terkustomisasi.

Jika pengguna mengakses kolom Explore maka sudah banyak beberapa public chat yang bisa ditelusuri. Anda bisa mengikutinya dan menjelajah percakapan yang ada, tetapi jika tidak mendapatkan undangan untuk berpartisipasi maka Anda tidak bisa ikut mempublikasikan percakapan.

Dari sudut pandang penulis, konsep fitur Public Chats ini hampir mirip dengan BBM Channels dan Our Story-nya Snapchat, walaupun mungkin ada perbedaan di beberapa bagian.

Dengan tambahan fitur baru ini Viber terasa makin lengkap, aplikasi yang kini berada di bawah bendera Rakuten ini total memiliki pengguna terdaftar tak kurang dari 460 juta, dimana 210 juta di antaranya tercatat aktif setiap bulan.

Sumber berita UbergizmoBlogs/nytimes dan rilis resmi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id