Categories

Gadget

Haiku Bike Assistant Beri Petunjuk Navigasi dengan Cara Pengoperasian yang Intuitif

Glenn Kaonang - 14 September 2015

Smartphone merupakan sebuah revolusi di dunia perangkat navigasi. Sebelum ini mana terpikirkan kalau kita bisa memiliki peta sekaligus pemandu jalan yang mencakup hampir seluruh pelosok bumi, namun bisa disimpan di dalam saku celana.

Meski demikian, menggunakan smartphone saat berkendara tentunya amat tidak disarankan, termasuk ketika bersepeda. Solusinya, kita perlu perangkat navigasi yang benar-benar dirancang untuk kebutuhan para pesepeda.

Perangkat semacam ini memang sudah banyak tersedia di pasaran, akan tetapi seringkali harganya mahal dan potensi smartphone kita dalam bidang navigasi pun jadi terkesan sia-sia. Maka dari itu, kita butuh alternatif lain yang lebih menarik dan terjangkau.

Info menarik: SmartHalo Beri Fitur Pintar di Sepeda Biasa

Sambutlah Haiku Bike Assistant. Perangkat ini terdiri dari sebuah layar OLED, indikator LED dan sejenis sensor inframerah yang dapat mendeteksi lambaian tangan maupun jari. Agar bisa digunakan di semua jenis sepeda, ia datang bersama sebuah dudukan magnet yang bisa dikaitkan di atas setang.

Ia mudah dipasang dan dilepas, tapi cukup kuat untuk terus mencengkeram setang meski Anda sedang melintas di jalanan yang bergelombang. Case-nya pun dirancang tahan air sehingga kalau memang terpaksa, Anda tetap bisa bersepeda bersamanya di kala hujan deras.

Tidak seperti perangkat navigasi untuk sepeda biasanya, Haiku ingin memaksimalkan potensi yang dimiliki smartphone Anda. Buka aplikasi Google Maps atau semacamnya di smartphone, maka data akan diteruskan ke Haiku via Bluetooth. Haiku kemudian akan memandu rute perjalanan dengan menampilkan petunjuk yang sederhana dan tidak merusak konsentrasi Anda.

Saat ada notifikasi masuk ke smartphone, Haiku akan tetap menampilkan petunjuk navigasi, namun di saat yang sama indikator LED-nya akan berpenjar biru. Untuk melihatnya, Anda bisa melambaikan ibu jari di atas sensor di sebelah kanan layar Haiku.

Cara pengoperasian seperti ini pun memungkinkan tangan Anda untuk terus menggenggam setang. Selain itu, karena tidak mengandalkan panel sentuh sama sekali, Haiku tetap bisa dioperasikan meski Anda sedang mengenakan sarung tangan. Simpel, efektif dan bisa menyesuaikan dengan gaya bersepeda masing-masing pengguna.

Info menarik: Garmin Varia Hadirkan Sistem Radar untuk Amankan Para Pesepeda

Fungsi menarik lain dari Haiku adalah sebagai speedometer digital. Memanfaatkan data GPS yang dikumpulkan smartphone, ia akan menampilkan seberapa cepat Anda melaju. Anda bisa mengatur data-data metrik apa saja yang akan ditampilkan lewat aplikasi pendampingnya.

Pihak pengembang Haiku Bike Assistant saat ini mengaku sudah siap memasuki tahap produksi. Kalau Anda tertarik, Anda bisa menjadi salah satu backer kampanyenya di Kickstarter dengan modal €70, atau kurang lebih sekitar Rp 1,1 juta.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter