1. Startup

Hal-hal yang Dipertimbangkan dalam Menentukan Niche

Mencari niche terbaik tidak jauh beda dengan menentukan segmen, lebih banyak mengukur kompetitor dan peluang

Salah satu strategi bagi mereka sulit menembus pasar mainstream adalah mencoba fokus untuk niche tertentu. Lebih spesifik. Salah satu permasalahan utama dalam menjalani segmen niche adalah harus menyuguhkan kualitas terbaik dibanding mereka yang menjalankan pasar secara umum. Bagi startup yang mencoba menemukan niche yang tepat, berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan

Mengetahui ketertarikan atau passion

Menjalankan bisnis bukan sesuatu yang mudah. Banyak yang menyarankan untuk menggeluti bidang bisnis yang sesuai dengan ketertarikan atau passion. Hal ini tampaknya bisa juga diaplikasikan  sebagai salah satu hal yang diperhitungkan sebelum menentukan niche.

Cari tahu hal seperti apa yang membuat diri menjadi berdaya. Sesuatu hal yang dilakukan dengan suka cita di waktu luang. Pada umumnya orang-orang yang menggeluti bisnis di bidang kesukaannya mempunyai insting dan naluri yang tajam untuk menentukan arah bisnis ke depannya.

Mengidentifikasi masalah yang bisa diselesaikan

Hal selanjutnya yang diperhitungkan dalam memutuskan sebuah niche adalah masalah yang bisa diselesaikan. Temukan masalah seperti apa yang ingin coba dipecahkan. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari permasalahan di forum-forum atau bertatap muka langsung dengan orang-orang yang terlibat dengan niche yang telah direncanakan sebelumnya. Kemudian susun strategi maksimal yang bisa dilakukan untuk memecahkan tersebut. Selanjutnya ukurlah diri sendiri, sejauh mana solusi yang ditawarkan bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Mempelajari kompetitor yang ada

Seperti dalam persiapan memasuki segmen bisnis lainnya, sebelum masuk ke niche tertentu coba untuk mempelajari kompetitor yang ada. Mulai dari pemain umum hingga pemain dengan niche yang sama. Beberapa tanda niche tersebut terbuka untuk persaingan, kualitas layanan yang sudah ada masih rendah, tidak ada transparansi, dan harga yang tidak bersaing. Tanda-tanda ini bisa menjadi acuan awal untuk peluang di niche tertentu.

Menguji ide yang ada

Setelah niche ditentukan dan menurut perhitungan awal memiliki potensi coba untuk tuangkan ide menjadi sebuah rencana yang runtut. Kemudian mulai tawarkan ide-ide tersebut ke pasar atau ke orang-orang terdekat. Cari sebanyak mungkin umpan balik untuk mengukur sejauh mana ide yang ditawarkan berguna.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again