4 October 2018

by Yoga Wisesa

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menikmati Red Dead Redemption 2

Game ini punya konten yang begitu detail dan kaya.

Di antara puluhan game yang dijadwalkan meluncur di bulan ini, Red Dead Redemption 2 merupakan salah satu judul yang ditunggu-tunggu banyak gamer. Jadwal perilisannya sempat mengalami dua kali penundaan, hingga akhirnya permainan siap dilepas tiga minggu lagi. Menjelang peluncurannya, Rockstar sudah memublikasi sejumlah info baik lewat website maupun video.

Selain informasi resmi dari Rockstar, sang publisher juga telah mempersilakan sejumlah media untuk menjajal langsung RDR2 dan memublikasikan artikel preview mereka. Namun jika semua itu masih belum bisa memuaskan dahaga Anda terhadap permainan action adventure open world bertema Western ini, Sony menjabarkan sejumlah hal yang perlu Anda ketahui sebelum menikmati Red Dead Redemption 2 via blog PlayStation. Ini dia:

  1. Diisi oleh 23 individu dengan latar belakang berbeda, anggota gang Van Der Linde akan menjadi keluarga Anda dan punya peran besar dalam permainan. Saat berkemah bersama, Anda dipersilakan mendengarkan mereka saling bercerita atau membantu merkea  mengumpulkan kayu serta berburu.

  2. Game dapat dinikmati dari perspektif berbeda. Selain menyajikan kamera third-person, Anda diperkenankan pula untuk beralih ke sudut pandang orang pertama - seperti mode first-person di Grand Theft Auto V PC.

  3. Rockstar tahu ada banyak pemainnya yang gemar merekam video atau mengoleksi screenshot. Khusus buat kebutuhan ini, Anda dapat menggunakan fitur Activate Cinematic untuk menyalakan mode kamera panorama atau tampilan jarak dekat. Saat berkendara, kuda bisa diperintahkan untuk mengikuti jalan secara otomatis, mempermudah Anda mengambil gambar.

  4. Bagian head-up display permainan bisa dikustomisasi. Anda dapat menonaktifkannya atau memilih versi yang lebih kecil.

  5. Di versi PlayStation 4, menu radial untuk mengakses perlengkapan serta persenjataan bisa dilakukan dengan menekan tombol L1. Karakter utama Anda, Arthur Morgan, juga dapat mempelajari kemampuan buat menenteng dua pistol.

  6. Beberapa masalah kadang bisa diselesaikan tanpa pertumpahan darah, cukup dengan mengeluarkan tembakan peringatan. Misalnya ketika saksi mata mencoba kabur, atau untuk 'meminta' pengemudi kereta berhenti.

  7. Anda bisa berinteraksi dengan semua NPC, dan efeknya kadang sulit diprediksi: karakter tersebut dapat merespons dengan sopan atau percakapan itu malah berakhir ricuh karena ternyata mereka tak mau diganggu.

  8. Dan sama seperti manusia, fauna yang ada di permainan juga tidak bisa ditebak, masing-masing dibekali AI dan akan merespons kejadian secara dinamis. Menariknya lagi, bahkan kuda tunggangan juga punya karakteristik sendiri, akan semakin akrab dengan tuannya jika diperlakukan dengan baik.

  9. Memasak dan mengakses sistem crafting dapat dilakukan ketika Anda sedang berkemah. Barang-barang yang sudah dikumpulkan bisa dijadikan perlengkapan atau amunisi.

  10. Dalam petualangannya, pakaian Arthur dapat kotor akibat banyak hal: debu, lumpur atau darah. Anda bisa membersihkan semua noda itu, bahkan memaksa sang protagonis untuk bercukur.

Red Dead Redemption 2 akan meluncur di PS4 dan Xbox One pada tanggal 26 Oktober 2018.