Salah satu elemen penting dalam mengembangkan bisnis adalah pelanggan atau pengguna. Mereka merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan. Dideskripsikan dan dicari di awal perjalanan bisnis dan kemudian dijaga dan ditingkatkan loyalitasnya kemudian. Tentu yang paling dicari dari semua tahapan tersebut adalah pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Berikut beberapa hal yang bisa digunakan untuk mengukur kebahagiaan pelanggan terhadap sebuah produk atau layanan.

Hubungan

Hubungan antara bisnis dengan pengguna merupakan salah satu hal paling krusial. Hubungan ini bisa dibangun dari email-email penawaran yang diberikan hingga support system mulai dari customer service hingga tiket yang ditujukan untuk hal teknis. Hampir semua anggota tim berperan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Salah satu cara terbaik untuk mengukur kebahagiaan pelanggan melalui hubungan ini adalah melalui seberapa banyak mereka mengeluh, bagaimana respons mereka ketika masalah teratasi dan sebagainya. Rumusan-rumusan kondisi seperti itulah yang menjadi kunci.

Keterlibatan pelanggan

Melibatkan pelanggan dalam proses tumbuh dan berkembang sebuah produk atau layanan mungkin bisa memberikan dampak positif bagi hubungan pelanggan dengan produk. Produk berkembang bersamaan dengan masukan, keinginan, dan kebutuhan pelanggan sehingga meningkatkan keterikatan satu sama lain.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan, selain dengan membuka diri terhadap kritik dan saran mengadakan sayembara mengenai ide produk atau layanan selanjutnya layak dicoba. Menempatkan pelanggan menjadi bagian dari proses pengembangan produk memang berisiko, kehilangan tujuan awal dan lainnya bisa menjadi efek negatif.

Melibatkan pelanggan juga menjadi penting untuk meningkatkan pemahaman terhadap pengguna. Jalan tengahnya tetap harus menjaga batasan-batasan sampai sejauh mana pelanggan terlibat.

Melacak aktivitas media sosial

Media sosial adalah kanal yang berguna untuk membangun hubungan yang baik dan meningkatkan keterlibatan pengguna. Media sosial juga memiliki peranan penting dalam mengukur sejauh mana respons pelanggan terhadap produk atau layanan kita. Bisnis bisa menghidupkan kolom komentar di setiap kanal media sosial.

Dengan bantuan teknologi, coba lacak semua komentar dan percakapan yang terjadi mengenai produk. Penting untuk membaca sentimen publik terhadap bisnis kita, dan media sosial adalah salah satu kanal terbaik.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.