1. Lifestyle

Halaman Tentang Facebook Jadi Artikel yang Paling Banyak Dilihat di Wikipedia Versi Bahasa Indonesia

Seorang software engineer mencoba untuk menampilkan artikel paling banyak dilihat Wikipedia. Johan Gunnarsson menyusun daftar 100 artikel paling banyak diliat di Wikipedia untuk kurun waktu 2012.

Daftar yang disusun termasuk untuk versi Wikipedia dalam berbagai bahasa, salah satunya adalah untuk Wikipedia versi bahasa Indonesia.

Meski Wikipedia tidak menyusun daftar resmi lagi berkaitan dengan data popularitas yang ada disitusnya, namun peneliti bisa mengaksesnya lewat log files yang ada di Wikipedia.

Lalu apa yang paling populer atau banyak dilihat di Wikipedia versi Indonesia? Facebook ada di nomor pertama dengan 1.385.687 view, kemudian Indonesia lalu YouTube, Sepak bola dan Bola voli. Konten berhubungan dengan sejarah seperti Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Sejarah Indonesia, Soekarno juga masuk dalam daftar 10 paling populer.

Untuk urutan pertama, hasilnya sama dengan Wikipedia versi Bahasa Inggris. Facebook juga menjadi paling populer di sana dengan 32.647.942 view. Menurut AllThingsD, salah satu alasan yang dikemukakan oleh Johan dan Jay Walsh (dari Wikimedia) ada dua penjelasan mengapa Facebook begitu populer di Wikipedia, yang pertama adalah 'salah arah'. Pengguna yang mengetikkan kata Facebook di kolom alamat peramban web mereka (yang juga biasanya terintegrasi dengan mesin pencari) malah menuju halaman Wikipedia bukannya ke situs Facebook.

Sedangkan yang kedua, ada kemungkinan bahwa angka tersebut memberikan kondisi bahwa ada ketertarikan pengguna atas profil dari web terkenal, seperti sejarahnya, kebijakannya serta latar belakang perusahaan atau layanan tersebut.

Anda yang tertarik melihat daftar lengkapnya, bisa menuju tautan ini. Ada daftar lengkap untuk 100 artikel yang paling banyak dilihat di Wikipedia versi Indonesia, kami hanya menampilkan sepuluh di gambar berikut. Anda juga bisa melihat daftar Wikipedia versi bahasa lainnya secara lengkap di tautan tadi.

Sumber: AllThingsD dan Cnet.

 

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again