Gadget

Hampir Separuh Foto yang Diunggah ke Flickr di Tahun 2016 Berasal dari Smartphone

Penggunaan kamera DSLR dan kamera saku jadi menurun

20 megapixel, 12 megapixel, 8 megapixel, tidak peduli berapa jumlah pixel-nya, kualitas kamera smartphone semakin lama semakin meningkat, dan perlahan tanpa disadari kita mulai meninggalkan kamera digital. Untuk apa membawa perangkat ekstra kalau gadget yang ada di saku celana kita sudah bisa mengambil foto yang memukau?

Kamera mirrorless dan DSLR memang masih laku sampai sekarang, dan kualitas hasil fotonya masih jauh lebih baik dibanding iPhone 7 Plus, Samsung Galaxy S7 maupun Google Pixel. Akan tetapi tahun demi tahun angka penggunaannya terus menurun, seperti dibuktikan oleh layanan photo sharing Flickr.

Dari data internalnya, hampir separuh dari semua foto yang diunggah ke Flickr di tahun 2016 diambil menggunakan smartphone; 48% tepatnya, naik dari 39% tahun lalu. Penggunaan DSLR sendiri menurun dari 31% menjadi 25% tahun ini, sedangkan point and shoot alias kamera saku juga turun dari 25% menjadi 21%. Sisanya, mirrorless tetap memiliki porsi kecil sebesar 3% saja.

Berdasarkan brand, Apple ternyata masih mendominasi, dimana 47% pengguna Flickr mengunggah foto yang diambil dengan perangkat iOS-nya. Bahkan 8 dari 10 kamera terpopuler di Flickr untuk tahun ini adalah iPhone, dimana 5S, 6 dan 6S menduduki tiga posisi teratas. Dua sisanya adalah DSLR Canon 5D Mark II dan Mark III.

Tahun depan, saya kira jumlah penggunaan smartphone sebagai kamera andalan untuk pamer foto di Flickr – maupun di media sosial lainnya – juga akan semakin naik seiring dengan meningkatnya kualitas kamera smartphone.

Sumber: Flickr Blog. Gambar header: Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter