Sebelum beralih ke generasi selanjutnya, Asus menyingkap dua handset ZenFone baru di CES 2017. Kamera boleh dikatakan sebagai elemen unggulan dari kedua perangkat, namun mereka mempunyai ‘spesialisasi’ berbeda. Khususnya di ZenFone 3 Zoom, Asus fokus pada penyem-purnaan kapabilitas fotografi lewat pemanfaatan konfigurasi dua lensa, mirip iPhone 7 Plus.

Selain kamera, ada dua faktor lain turut menjadi perhatian Asus. Produsen asal Taiwan itu menyematkan system-on-chip Qualcomm Snapdragon S625 yang irit dalam penggunaan daya serta baterai raksasa 5.000mAh. Di artikel ini, saya akan mencoba fokus membahas aspek desain dalam sesi hands-on unit demo yang Asus pamerkan di Trump International Hotel selama ajang CES 2017 berlangsung.

ZenFone 3 Zoom 8

ZenFone 3 Zoom 9

ZenFone 3 Zoom mengusung arahan desain layaknya keluarga besar ZenFone 3, tapi kabar gembiranya, bagian punggung sudah digantikan oleh bahan logam bertekstur matte – tak lagi memanfaatkan Corning Gorilla Glass yang sangat licin sehingga peluang bagi device tergelincir dari tangan jadi lebih kecil. Model ini mempunyai layar full-HD 5,5-inci dengan tubuh berdimensi 154,3x77x7,99mm dan bobot 170g (berdasarkan info di situs resmi).

ZenFone 3 Zoom 1

ZenFone 3 Zoom 2

Memang ada sedikit modifikasi pada desain dan layout, contohnya penempatan kamera depan di pojok kiri atas dan pelebaran pada sensor pemindai sidik jari. Tiga tombol navigasi non-LED-nya sendiri terlihat identik, berada di bagian bawah display ber-frame hitam. Di sisi belakang, modul kamera utama juga diposisikan di kiri atas perangkat, dan Anda bisa melihat dual LED flash dan sensor laser tak jauh di bawahnya.

ZenFone 3 Zoom 10

ZenFone 3 Zoom 6

Untuk mengabadikan momen, ZenFone 3 Zoom dibekali sensor Sony IMX362 12-megapixel dengan dua lensa six-element wide-angle f/1.7, menyuguhkan optical zoom sebesar 2,3 kali dan zoom total 12 kali. Kata Asus, teknologi SuperPixel di sana memungkinkan handset menangkap lebih banyak cahaya – 2,5 kali lebih efektif dibanding iPhone 7 Plus. Kamera turut dibantu oleh sistem image stabilization baik optical maupun digital demi memastikan hasil jepretan bebas blur dengan warna yang alami.

ZenFone 3 Zoom 7

ZenFone 3 Zoom 3

Optical zoom sebesar 2,3x serta panjang focal 59mm di sana kabarnya sanggup memproduksi foto-foto jarak dekat mengagumkan, mirip kamera DSLR profesional. Nantinya Anda juga bisa memanfaatkan mode Portrait baru, segera hadir via update, membuat subjek foto tampil jelas dengan background blurry.

ZenFone 3 Zoom 4

ZenFone 3 Zoom 5

Meskipun unit yang saya jajal di CES 2017 sudah berfungsi sempurna, Asus belum menginformasikan berapa harga dari ZenFone 3 Zoom dan kapan device ini diluncurkan. Ada kemungkinan ia dilepas secara perdana di kuartal kedua 2017.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.