Categories

Gadget

[Hands On] Samsung Galaxy S20 FE: Lini S20 Trendi dan Termurah dari Samsung

Ditujukan khusus untuk para millenials yang kerap membuat konten

Dimas Galih W. - 23 October 2020

Samsung telah meluncurkan smartphone terbarunya yang dinamakan Galaxy S20 FE atau Fans Edition pada tanggal 23 September 2020 yang lalu. Perangkat ini pun juga sudah dijual oleh Samsung melalui beberapa jalur komersialnya secara online dan offline. Setelah produk ini tersebar luas di pasaran, giliran kami para media yang dapat merasakan perangkat lini S20 yang harganya paling murah.

Samsung secara spesifik mengeluarkan Galaxy S20 FE ini untuk para millenials. Samsung menganggap bahwa para millenial ini ingin memiliki smartphone yang sesuai antara warna dengan kepribadiannya. Seri FE yang satu ini diklaim Samsung dibuat karena mendengarkan masukan dari para Samsung Members dan para fans dari sosial media, fitur apa yang paling mereka sukai.

Hal ini diungkapkan pada saat Samsung menggelar acara exclusive interview dan Hands on Galaxy S20 FE. Acara ini sendiri diadakan secara online streaming melalui Zoom yang diadakan pada tanggal 20 September 2020.

Samsung Galaxy S20 FE - Color

Yang pertama yang paling signifikan dari S20 lainnya adalah warnanya. Warna-warna tersebut adalah Cloud Red, Cloud Orange, Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy dan Cloud White. Menurut Samsung, keenamnya sesuai dengan keseharian dan kepribadian dari para millenials.

Kamera merupakan fitur yang paling disukai dari seri Galaxy S20. Samsung S20 FE memiliki tiga buah kamera yang terdiri dari kamera utama 12 MP, ultrawide 12 MP, dan tele 3x 8 MP. Kamera depannya memiliki resolusi 32 MP karena para millenials suka membuat konten sehingga hal tersebut sangat diperlukan.

Feature selanjutnya yang diinginkan oleh generasi millenials adalah layarnya. Samsung Galaxy S20 FE memiliki refresh rate Super Smooth 120 Hz. Layar ini mendukung game dengan frame rate yang lebih tinggi. Display dari S20 FE juga sangat luas dengan layar bernama Infinity O.

Yang ketiga yang diminta oleh para fans adalah baterai yang kapasitas besar. Samsung Galaxy S20 FE memiliki baterai yang lebih besar dari S20, yaitu 4500 mAh. S20 FE juga memiliki wireless powershare yang membuatnya menjadi sebuah charger wirelessCharger yang digunakan adalah 15 watt yang akan mengisi baterai 60% dalam waktu 30 menit.

Samsung Galaxy S20 FE

Performa juga menjadi perhatian dari para fans, yaitu yang pertama adalah dengan penyimpanan 128 GB dan 256 GB yang dipasangkan dengan RAM 8 GB. S20 FE juga ditenagai dengan prosesor Exynos 990 yang sama dengan keluarga S20 lainnya. SoC ini juga akan membuat semua game bisa dimainkan dengan setting rata kanan.

Tanpa Kamera 108 Megapiksel?

Saat perangkat yang satu ini datang, saya langsung mencoba mengambil gambar dengan kameranya. Namun yang sedikit berbeda dari keluarga Samsung Galaxy S20 lainnya adalah penggunaan kameranya yang hanya 12 MP saja. Padahal dengan menggunakan sensor 64 MP dan 108 MP, hasil fotonya akan meningkat lebih baik karena pixel size yang lebih besar dengan metode quad bayer.

Taufiq Furqan, selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile SEIN mengatakan bahwa penggunaan sensor besar 64 MP dan 108 MP adalah untuk kebutuhan 8K video recording. Input para fans untuk perangkat yang satu ini mengatakan bahwa perekaman video 4K saja sudah cukup. Yang paling penting adalah gambar tetap tajam dengan image sensor yang lebih besar dan memiliki kualitas yang sama dengan seri S20 yang lainnya.

Samsung Galaxy S20 FE - Interview

Hal tersebut juga diganti dengan sensor kamera ultrawide yang memiliki spesifikasi yang sama dengan kamera utamanya. Kedua sensor ini adalah yang paling digunakan untuk keperluan sehari-hari. Dengan spesifikasi yang sama membuat hasilnya akan setara dengan keluarga S20 lainnya.

Apakah layarnya sudah terlindungi dengan Gorilla Glass?

Dengan menggunakan layar 120 Hz, tentu saja membuat mata sang pengguna menjadi lebih nyaman. Namun, banyak sekali pengguna yang cukup ceroboh seperti secara tidak sengaja menjatuhkan smartphone atau terbentur dengan benda keras yang membuat kacanya pecah. Pelindung apa yang digunakan pada Samsung Galaxy S20 FE ini?

“Saya buka contekannya dulu”, ujar Taufik. Samsung Galaxy S20 FE menggunakan Gorilla Glass 3 pada layar depannya. Untuk bagian belakangnya, Gorilla Glass 3 digunakan pada bagian kameranya agar lebih kuat terhadap goresan. Body dari S20 FE sendiri terbuat dari plastik polikarbonat dengan frame metal sehingga membuatnya menjadi lebih kuat.

Hands-On

Perangkat yang satu ini datang sekitar dua jam sebelum acara wawancara dimulai. Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan untuk mencoba perangkat yang satu ini memang tidak terlalu lama. Untungnya, Samsung meminjamkan perangkat ini dalam waktu yang cukup lama.

Samsung Galaxy S20 FE - leaf

Saat mulai melakukan setting pertama hingga selesai, perangkat ini tidak memiliki masalah yang berarti. Saya pun mencoba melakukan browsing pada beberapa situs (dan mencari APK Antutu 8). Namun yang saya dapatkan ternyata perangkat ini menghasilkan panas yang cukup mengganggu. Mungkin karena inisiasi awal dari Android membuatnya bekerja lebih ekstra.

Saat digenggam, Samsung Galaxy S20 FE memang masih terasa kokoh. Bagian belakangnya yang terbuat dari plastik polikarbonat memiliki tekstur matte. Sayangnya, tekstur seperti ini justru cukup licin di tangan. Oleh sebab itu, saya langsung menggunakan rubber back case bawaannya agar tidak selip di tangan.

Samsung Galaxy S20 FE - Depan

Bernavigasi pada perangkat ini memang terasa cepat dan mulus. Hal tersebut tentu saja berkat refresh rate 120 Hz yang memberikan animasi lebih banyak per detiknya dibandingkan dengan 60 Hz. Rasanya saya tidak ingin kembali ke layar 60 Hz yang ada pada kebanyakan smartphone yang beredar saat ini.

Samsung Galaxy S20 FE - Belakang

Kamera juga menjadi sasaran percobaan pertama saya. Ternyata, gambar yang dihasilkan dari kamera utamanya memang bagus. Warna yang diberikan cukup akurat dan memiliki tingkat ketajaman yang sangat baik untuk sensor 12 MP.

Pada malam hari, saya mencoba mengambil gambar di lapangan sebelah rumah. Pada jam 20.30, saya mengambil gambar pada lapangan gelap yang tidak memiliki cahaya penerangan. Hasilnya ternyata mengejutkan di mana mode malam pada Samsung Galaxy S20 FE membuahkan hasil yang bagus. Sebagai informasi, ada bagian pohon yang buram dikarenakan tertiup angin yang cukup kencang.

Untuk hands-on kali ini, saya mencoba melakukan benchmarking dengan menggunakan Antutu 8. Hasilnya pun juga cukup baik di mana Samsung Galaxy S20 FE mendapatkan nilai di atas 520 ribu. Hasil seperti ini tentu saja sudah sangat baik jika digunakan untuk bermain game yang cukup berat.

Tentu saja, saya akan melakukan pengujian yang lebih mendalam tentang perangkat yang satu ini. Jadi, ditunggu ya artikel review dari Samsung Galaxy S20 FE di DailySocial.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter