Categories

Gadget

Hard Disk Khusus Surveillance Terbaru Seagate Sudah Mulai Tersedia di Indonesia

Yoga Wisesa - 8 May 2014

Ada sebuah konsep menarik yang dipegang oleh mayoritas konsumen Indonesia: ada harga, berarti ada kualitas. Hal itu membuat para pebisnis (dan pengguna bermodal tinggi) untuk membeli varian produk termahal. Produsen hard disk terkemuka asal Amerika, Seagate, kurang setuju dengan paradigma tersebut.

Dalam konfrensi pers peluncuran beberapa produk penyimpanan baru berbasis hard drive, Seagate menekankan bahwa apa yang ada pilih sebaiknya sesuai dengan kebutuhan.

Itu sebabnya mereka berbagai jenis sistem penyimpanan untuk pangsa pasar yang berbeda, dan kali ini mereka mengenalkan hard disk khusus surveillance generasi ketujuh untuk usaha kecil menengah hingga kelas enterprise.

 

Info menarik: Seagate Kembali Rilis Eksternal Hard Drive Model Wireless Plus, Kini Berkapasitas 500GB dan 2TB

 

Lalu apa hubungannya hard drive surveillance dengan perspektif 'ada harga, ada kualitas' masyarakat Indonesia? Sang representasi Seagate menjelaskan, biasanya konsumen awam menyalahkan hard disk jika terdapat masalah seperti penyimpanan yang tidak mau bekerja, tidak kompatibel atau saat mereka kehilangan data. Dan hal ini akan lebih parah jika yang mereka beli merupakan varian dengan harga mahal.

Tapi pada dasarnya, banyak sekali faktor yang mempengaruhi hal tersebut, dan mayoritas merupakan masalah eksternal. Contohnya saja, jika seseorang atau sebuah perusahaan menggunakan sistem kamera keamanan, kemudian saat mereka hendak mengakses hasil rekaman, file tidak bisa ditemukan. Biasanya konsumen langsung menyalahkan medium penyimanan data, tapi mereka tidak berpikir soal kompatibilitas saat membeli, atau bagaimana proses input ke dalam hard disk.

Seagate berargumen bahwa sebelum konsumen membeli, mereka sangat dianjurkan untuk mengerti apa yang sebenarnya mereka butuhkan - karena sekedar kecepatan dan kapasitas tidaklah cukup. Mereka harus tahu fitur apa yang mereka butuhkan, dan apa yang tidak.

"Kebutuhan untuk menganalisa dan memanfaatkan data video dengan jumlah yang besar kini semakin meningkat," ungkap sang Vice President Marketing Scott Horn. "Contohnya adalah penerapan untuk menganalisa, memprediksi serta memperbaiki kondisi lalu lintas, mengurangi waktu tunggu di bandara, dan mempercepat reaksi divisi darurat."

Ia meneruskan, "Kami mempelopori bidang ini sejak lebih dari satu dekade yang lalu, dengan menciptakan hard disk untuk surveillance pertama. Dengan memanfaatkan pengetahuan kami yang mendalam mengenai teknologi serta pasar ini, kami mampu memberikan solusi optimal untuk perekaman dan akses data pengawasan video."

Dalam presentasi mereka, Seagate mengenalkan tiga buah varian baru untuk kelas yang berbeda. Mereka adalah Enterprise Capacity 3.5 HDD, Video 3.5 HDD serta Surveillance HDD dengan model terakhir ini sebagai fokusnya. Ketiganya merupakan sistem penyimpanan berbasis 'kepingan berputar' dengan ukuran 3,5-inci.

Dirancang sebagai media penyimpanan video yang scalable, Surveillance HDD mampu menyimpan konten hingga 4 terabyte dan mampu berjalan terus menerus selama 480 jam non-stop. Seagate Surveillance HDD dibekali dengan sensor getar putaran (atau rotational vibration) sehingga dapat bekerja dengan baik bahkan saat pengguna memanfaatkan 16 drive secara bersamaan.

Dengan begitu, ia sangat ideal untuk bisnis skala kecil hingga menengah, baik untuk pabrik produksi hingga usaha yang kegunaan video HD dan kemampuan analitik sangat dibutuhkan. Surveillance HD mendukung 32 kanal dan mampu menangani beban kerja tinggi dengan setting multi-camera. Bukan hanya performa, namun ia juga dibekali sistem RAID.

 

Info menarik: Ini Daftar Perangkat Chromebook Terbaru Besutan Asus, Acer dan Dell

 

Khusus untuk video dan surveillance, produk hard disk tersebut menyajikan akses data yang lebih cepat dan mendukung kamera video berjenis motion-activated, sehingga pengguna bisa menyesuaikan pengaturan daya dan memastikan pelanggan mereka tidak kehilangan satu frame gambar pun. Kemudian jika tidak ada gerakan yang terdeteksi oleh kamera, putaran drive akan melambat untuk menghemat listrik.

Walaupun sudah tersedia, produk Seagate Surveillance HDD belum didistribusi dalam jumlah banyak. Jika tertarik, Anda bisa langsung hubungi Seagate Indonesia untuk info dan pemesanan.

Satu hal yang mungkin bisa menjadi masukan: informasi yang disajikan Seagate tentang pertimbangan pembelian hard disk memang sangat berguna, tapi ada baiknya jika mereka juga melakukan bimbingan langsung kepada calon pembeli.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter