23 August 2012

by wiku

Harga Akuisisi Facebook atas Instagram Menyusut, Kini Seharga US$747 Juta

Akuisisi Facebook atas Instagram telah mendapatkan persetujuan dari Federal Trade Commusion (FTC), yang sebelumnya menginvestigasi proses akuisisi yang diumumkan 4 bulan yang lalu ini. Dengan persetujuan ini, maka proses akuisisi ini bisa berlanjut terus dan akan segera diresmikan.

Pengumuman akuisisi empat bulan lalu membawa harga pembelian Instagram berharga $1 miliar dollar Amerika, waktu itu basis harga sahamnya adalah $30 perlembar dengan ekspektasi $1.14 miliar yang akan didapatkan dari IPO Facebook seharga $38 perlembar saham. Namun saham Facebook yang terus turun mengakibatkan harga akuisisi ini juga menurun, Instagram kini berharga $747 juta dengan pembagian pembelian $300 dalam bentuk uang kas dan $477 dalam bentuk saham, berdasarkan 22.999.412 saham di Facebook seharga $19.44 perlembar.

Sebelumnya proses akuisisi Facebook - Instagram ini juga telah disetujui pemerintah Ingris melalui komisi yang berwenang, kini pihak US telah menyetujui juga dan kita tinggal menunggu pengumuman resmi serta perkembangan apa yang akan dilakukan dua layanan populer ini, satu untuk jejaring sosial dan satu untuk berbagi foto.

FTC sendiri sebelumnya menginvestigasi akuisisi ini dikarenakan ada kemungkinan monopoli layanan, kita tahu dua layanan ini memiliki jumlah pengguna yang sangat besar, namun atas beberapa alasan akhirnya FTC menyetujui proses ini. Beberapa alasannya antara lain, jumlah unduhan aplikasi kamera Facebook rendah dibanding layanan populer lain, Instagram tidak berkompetisi dengan aplikasi foto Facebook dalam hal pemasukan dari iklan dan beberapa alasan lain.

TechCrunch mengatakan bahwa pengumuman resmi akuisisi ini akan diumumkan dalam waktu dekat, jadi kita tunggu perkembangan lanjutan apa yang akan diumumkan.

Sumber: TechCrunch. Gambar: Androidcommunity.com.