17 February 2014

by wiku

Harga Perangkat Android Semakin Murah?

Perkembangan perangkat bergerak, smartphone, tablet dan phablet tentunya tidak lepas dari penentuan harga jual. Bahkan di beberapa negara, harga jual menjadi kata kunci.

Dua ‘jenis’ perangkat yang selalu diseterukan dalam persaingan industri perangkat bergerak adalah yang menggunakan sistem operasi iOS dengan Android.

Apple dikenal mematok harga premium untuk berbagai smartphone berbasis iOS mereka, sedangkan untuk Android, jumlah produsen yang sangat banyak menjadikan harga lebih variatif, ada yang premium ada pula yang berharga murah.

 

Info menarik: Pengapalan Smartphone di Seluruh Dunia Tembus 1 Miliar Unit untuk Pertama Kali dalam Sejarah

 

Sebuah data menarik menampilkan bahwa gap antara harga jual rata-rata perangkat iOS dengan perangkat Android yang ternyata semakin membesar dari tahun ke tahun. Meski harga jual smartphone iOS menurun namun harga smartphone Android semakin murah, sehingga gap keduanya semakin meluas.

Data yang diolah dari data IDC juga memberikan sinyal bahwa perangkat Android murah semakin marak dipasaran. Bahkan di berbagai negara, penetrasi smartphone bisa jadi ditentukan dari tersedianya perangkat Android murah tapi mumpuni atau tidak.

Di Indonesia sendiri, produsen lokal menikmati pasar yang besar dengan menghadirkan perangkat mumpuni dengan harga yang murah.

 

Info menarik: Apple Kembali Produksi iPhone 4 Khusus Untuk Indonesia?

 

Apple sendiri tidak tinggal diam, meski strateginya terkesan malu-malu tapi mereka merilis iPhone 5C untuk menambah pilihan smartphone ‘murah’, selain itu menurut kabar yang beredar, Apple juga akan memproduksi ulang iPhone 4 untuk dijual di beberapa negara.

Pertarungan di negara berkembang seperti Indonesia tentunya akan selalu menyentuh persoalan harga, pasar sini masih sensitif dengan harga, setidaknya untuk pasar umum. Meski produk premium selalu nampak laris di sini tetapi peluang besar tetap ada di pasar menengah - dan bawah.

Berikut grafik gap harga rata-rata smartphone iOS dan Android yang disusun Statista berdasarkan data IDC.

Sumber gambar header: Smartphone via Shutterstock.