Harga Smartwatch LG G Watch Mungkin Tidak Semahal yang Kita Pikirkan

Menjadi salah satu produk smartwatch generasi 'pertama', harga yang dibanderol Samsung pada Galaxy Gear mereka akan menjadi acuan kita melihat produk-produk sejenis. Berdasarkan informasi terbaru yang pertama kali dikabarkan oleh website Les Numeriques, bisa jadi LG G Watch akan dibanderol € 100 lebih murah dari produk Galaxy Gear 2 sang kompetitor.

Setidaknya untuk wilayah Eropa. BGR memperkirakan bahwa tidak menutup kemungkinan smartwatch ini juga ditawarkan seharga US$ 199 di Amerika Serikat. Jika info tentang tanggal rilis LG G Watch di kuartal kedua memang akurat, maka produk ini akan berduel satu lawan satu dengan smartwatch Moto 360.

 

Info menarik: Will.i.am Pamerkan Smartwatch Buatannya, Segera Rilis Bulan Juli

 

Melihat harga yang dimilikinya, LG G Watch yang turut mengusung nama Android Wear, merefleksikan bagaimana Google memasarkan seri Nexus di lini smartphone dan tablet. Google juga juga sempat menjelaskan bagaimana G Watch dirancang sedemikian rupa agar bersabahat dengan para developer aplikasi.

Belum ada kabar tentang spesifikasi hardware secara lebih detail, tapi menurut informasi yang ada, G Watch memiliki layar 1,65-inci, memori internal 4GB dan berjalan di versi Android yang telah dimodifikasi untuk perangkat wearable.

Dari laman LG sendiri, kita bisa melihat bagaimana ia akan menyajikan info on-demand (contoh: perkiraan waktu tiba di kantor), fitur reminder, hingga didukung personal assistant Google Now.

LG G Watch ditawarkan dalam dua pilihan warna, stealth black dan champagne gold. Kemudian tidak seperti smartwatch umumnya, jam ini tampaknya dibekali kemampuan anti-air dan juga anti-debu - walaupun tidak ada detail apakah LG G Watch bisa Anda gunakan sambil berolahraga air atau tidak.

Satu hal menarik terakhir adalah bagaimana LG menjelaskan dengan singkat bahwa smartwatch ini memiliki layar yang 'tak pernah tidur'.

 

Info menarik: TCL Luncurkan T2, Microconsole Game Empat-Core Berbasis Android

 

Kita belum tahu apakah hal tersebut hanya merupakan strategi pemasaran, atau LG G Watch memang disajikan seperti itu. Jika benar, saya penasaran teknologi display seperti apa yang LG tanamkan di dalamnya, kemudian seperti apa performa baterainya.

Tebakan saya, walaupun layar tetap menyala, display tak aktif terlalu terang - cukup untuk melihat waktu - hingga Anda berinteraksi dengan G Watch atau menyentuhnya dengan jari.

Walaupun diperkirakan akan mendarat pertengahan tahun 2012 2014, belum ada tanggal akurat perilisan LG G Watch. Smartwatch tersebut merupakan perangkat pintar keempat hasil kerjasama LG dengan Google, setelah Nexus 4, Nexus 5 dan LG G Pad 8.3 Google Play Edition.

Mungkinkah G Watch akan diluncurkan sebelum ajang Google I/O tanggal 25 hingga 26 Juni?