Categories

Berita

HarukaEdu Perpanjang Daftar Layanan Pendidikan Online yang Mendapat Investasi

Hesti Pratiwi - 7 November 2014

shutterstock_160244189

Startup bidang pendidikan di Indonesia saat ini nampaknya tengah bersinar. Satu persatu mulai mendapatkan perhatian investor untuk mengembangkan  layanannya. Setelah Ruangguru dan Kelase, kini HarukaEdu mengumumkan investasi seri A  dari CyberAgent Ventures dengan nominal yang tidak dibuka untuk umum.

Kucuran dana segar yang didapatkan akan digunakan untuk merekrut awak baru yang diperlukan untuk pengembangan infrastruktur HarukaEdu, program unggulan, dan pelatihan online.

“Kami melihat potensi besar untuk pendidikan online, khususnya di Indonesia. Berdasarkan pengalaman investasi kami di bidang pendidikan online di Cina dan Vietnam, kami tidak meragukan bahwa transisi ke online hanya masalah waktu untuk pendidikan Indonesia, “kata Steven Vanada, manajer investasi dari CyberAgent Ventures, seperti dikutip dari TechInAsia.

HarukaEdu sendiri menyediakan layanan pendidikan online  untuk sekolah tinggi. Target pasar mereka, menurut co-founder Tovan Krisdianto, adalah pekerja yang ingin melanjutkan pendidikan namun terbentur oleh waktu.

“Kami menargetkan orang-orang yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar S1 atau S2. Saat ini pilihan mereka terbatas pada malam atau akhir pekan kelas. Sayangnya, ada beberapa kelemahan dari orang-orang pilihan, “kata Tovan.

Tovan juga mengatakan lebih lanjut, bahwa program online bisa memberikan fleksibilitas kepada siswa dalam menyelesaikan studinya. Siswa dapat belajar  kapan dan di mana saja. Tidak perlu menyediakan waktu secara khusus untuk hadir di suatu tempat pada waktu tertentu.

“Lembaga Akademik di Indonesia telah menyadari bahwa pembelajaran online adalah salah satu tren yang paling penting dalam dunia pendidikan tinggi. Sayangnya, hanya sedikit memiliki pengetahuan, pengalaman, modal manusia, dan sumber daya keuangan yang cukup memadai untuk menjaga kualitas kursus online. Banyak dari mereka yang tidak memiliki infrastruktur teknologi informasi yang baik, atau bahkan situs yang menyediakan informasi yang baik, ” kata Novistiar Rustandi, founder HarukaEdu.

HarukaEdu selain menyediakan  kelas online juga menyediakan layanan bagi lembaga akademis lainnya untuk solusi TI dan infrastruktur. HarukaEdu saat ini bekerja dengan London School of Public Relations, STM Labora, dan Enterpreneur University.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter