Categories

Mobile

Hasil Pencarian Gambar di Google Kini Bisa Di-Bookmark

Akan dikumpulkan menjadi satu, atau bisa dikelompokkan berdasarkan tag

Glenn Kaonang - 3 December 2015

Mencari gambar di Google adalah sesuatu yang kita lakukan hampir setiap hari. Entah itu sekedar untuk mengingat-ingat bentuk dari Nokia 3310, atau untuk mencari model rambut yang sedang ngetren. Tapi pertanyaannya, apa yang kita lakukan setelah menemukan gambar yang dicari?

Kalau di Pinterest, kita bisa mengelompokkan gambar-gambar tersebut dengan mudah untuk dijadikan referensi di lain waktu. Bagaimana dengan Google? Well, Anda bisa menyimpan gambarnya atau menerapkan trik umum yaitu mengambil screenshot dari hasil pencarian gambar yang ditampilkan.

Sayangnya dua cara tersebut terbukti kurang efisien ketika sebuah gambar hendak dijadikan referensi lanjutan. Semisal kita berkunjung ke sebuah salon lalu minta dibentuk rambutnya sesuai tren terkini, kita harus mencari gambar yang tadi kita simpan di antara ratusan foto yang terdapat di dalam galeri milik smartphone.

Maka dari itu, Google pun meluncurkan sebuah fitur baru yang memungkinkan kita untuk menandai setiap gambar yang kita temukan dan menyimpannya sebagai bookmark. Harapannya, saat Anda datang ke salon di kesempatan lain, Anda tak perlu repot-repot ‘berburu’ gambar yang disimpan di galeri foto atau melakukan pencarian ulang di Google.

Google Image Bookmark

Semua gambar yang ditandai akan dijadikan satu supaya mudah diakses kapan saja. Namun pengguna juga punya opsi untuk mengelompokkan masing-masing gambar berdasarkan tag – mirip seperti yang ditawarkan Pinterest. Dengan demikian, gambar model rambut terkini yang dicari tak akan tercampur dengan gambar kamar hotel yang telah dipesan untuk liburan akhir tahun.

Sayangnya, fitur ini baru tersedia buat pengguna yang tinggal di Amerika Serikat saja. Tapi nanti kalau sudah tersedia di sini, fitur ini bisa dinikmati langsung lewat browser perangkat mobile, baik Android maupun iOS. Syaratnya cuma satu, yaitu pengguna harus login menggunakan akun Google-nya terlebih dulu.

Sumber: Google Search Blog. Gambar header: Google Search via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id