21 September 2016

by Glenn Kaonang

Hasselblad Pamerkan Konsep Kamera Medium Format Berdesain Modular

Ibaratnya Project Ara tapi untuk kamera kelas profesional

Di saat Fujifilm tengah memamerkan prototipe kamera mirrorless medium format-nya, dedengkot kamera medium format Hasselblad malah 'bermain-main' dengan konsep kamera modular bernama V1D 4116 Concept dalam rangka memperingati ulang tahun perusahaan yang ke-75 (1941 - 2016), sehingga muncullah label "4116" pada namanya.

Lewat konsep ini, Hasselblad ingin mencoba merefleksikan pencapaian mereka di masa lalu dengan kemajuan teknologi modern. Desain V1D banyak terinspirasi oleh kamera klasik Hasselblad V yang serba kotak. Pun demikian, kubus aluminium ini bisa diperluas fungsionalitasnya dengan bantuan sejumlah modul.

Hasselblad V1D 4116 Concept tanpa dipasangi modul / Hasselblad

Ibaratnya Project Ara tapi untuk kamera; sisi atas, bawah, kiri dan kanan V1D dapat dipasangi sejumlah modul seperti display, viewfinder maupun hand grip. Seandainya diperlukan, pengguna boleh saja memasangkan dua display sekaligus di belakang dan atas V1D.

Desain modular ini juga dapat memanjakan para fotografer kidal, dimana grip-nya yang mengemas tombol shutter bisa diposisikan di sebelah kiri. V1D sederhananya tidak cuma ingin memenuhi kriteria pengguna akan sebuah kamera dengan kualitas gambar terbaik, tetapi juga mengakomodasi perbedaan konfigurasi yang menjadi pilihan masing-masing pengguna.

Display di belakang, viewfinder di atas; atau bisa juga dua display sekaligus di belakang dan atas / Hasselblad

Hasselblad menegaskan bahwa V1D baru sebatas konsep dan belum ada prototipe yang bisa didemonstrasikan. Tidak ada yang tahu apakah kamera ini bakal benar-benar direalisasikan menjadi produk final atau tidak, apalagi soal banderol harganya.

Sumber: Hasselblad dan DPReview.