Categories

Gadget

Hati-Hati, Nintendo Switch Pro Controller Palsu Mulai Beredar di Internet

Salah satu petunjuk bahwa Anda sedang melihat barang palsu adalah harganya yang terlalu murah.

Yoga Wisesa - 6 August 2018

Periferal seperti Joy-Con, DualShock 4, atau Xbox One controller bukan hanya berfungsi sebagai sistem kendali utama, tapi juga berperan sebagai identitas tak terpisahkan dari console yang didukungnya. Gamepad-gamepad ini selalu dibundel bersama paket penjualan, dan umumnya para produsen hanya menyediakan sedikit pilihan yang dijual terpisah.

Untungnya, beberapa perusahaan third-party sangat berdedikasi untuk menyediakan alternatif dari controller standar. Nama-nama yang mungkin sudah akrab di telinga Anda meliputi Hori, 8BitDo, hingga Razer. Langkah serupa bahkan diikuti oleh sejumlah startup, yang mencoba menjajakan produk-produknya di platform crowdfunding. Namun banyaknya opsi ini tidak menghentikan segerombolan oknum memasarkan produk palsu.

Nintendo Life melaporkan bahwa saat ini banyak beredar Switch Pro Controller imitasi yang dijual di situs eCommerce raksasa semisal eBay. Barang tiruan tersebut tidak seperti produk ilegal murahan yang ada di pasaran: Pro Controller palsu itu punya wujud meyajkinkan. Penampilannya menyerupai versi aslinya; dari mulai penempatan tombol, bentuk, warna, hingga pemakaian case semi-transparan.

Switch Pro Controller palsu.

Senjata utama dari controller imitasi ini ialah harganya. Di eBay Inggris, ‘Wireless Pro Controller Gamepad Joypad Remote For Nintendo Switch Console UK’ dibanderol € 20 atau kisaran US$ 23. Sedangkan harga eceran termahal versi orisinal Switch Pro Controller adalah US$ 70. Untuk mengelabui calon konsumen lebih jauh, sang oknum bahkan menggunakan gambar-gambar promosi Nintendo Switch.

Switch Pro Controller palsu 1

Yang membuat muslihat dari Switch Pro Controller palsu itu terkuak ialah detail-detail kecil di sana. Selain terlalu murahnya, produk tersebut tidak mempunyai logo/branding Nintendo Switch, baik pada tubuh maupun boks penjualan. Sayangnya, perbedaan-perbedaan kecil di sana boleh jadi hanya dapat diketahui oleh gamer berpengalaman. Konsumen awam kemungkinan bisa mudah terperdaya.

Belum dapat dipastikan dampak negatif yang dibawa oleh produk palsu pada Switch, tapi kita bisa menduga ia akan mengacaukan sistem console jika digunakan dalam durasi lama.

Di Indonesia sendiri, harga dari Switch Pro Controller sudah melampaui Rp 1 juta – jauh lebih tinggi dibandingkan DualShock 4 dan Xbox One controller di kisaran Rp 700 ribuan. Menyadari harga yang sangat mahal itu, sejumlah toko game turut menyediakan opsi gamepad third-party buatan Nyko dengan harga hampir sepertiga Switch Pro Controller orisinal.

Namun jika betul-betul menginginkan periferal berlisensi resmi, Anda bisa memilih Hori GameCube Controller buat Switch atau Wired Controller racikan PowerA. Tapi dengan harga yang lebih ekonomis, Anda harus mau menerima kekurangannya: hanya tersedia koneksi wired, tanpa NFC, gyro, serta HD Rumble.

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter