17 April 2015

by Glenn Kaonang

Headphone Pintar Ini Dapat Memutar Musik dari Cloud

Dibandingkan perangkat elektronik lain, headphone tidak mengalami perubahan drastis dari masa ke masa. Hal ini dikarenakan kinerjanya sudah sangat baik dalam menjalankan tugas utamanya, yakni mereproduksi suara.

Jika diperhatikan, inovasi di dunia perangkat audio, khususnya headphone, berjalan perlahan tapi pasti. Awalnya memerlukan kabel untuk bisa beroperasi, kini headphone berteknologi wireless sudah sangat mudah didapatkan di pasaran.

Kemudian ada juga headphone nirkabel yang bisa beroperasi dengan sendirinya, alias merangkap sebagai music player, meski kehadirannya di pasaran mungkin tidak terlalu umum.

Inovasi yang terbaru di dunia headphone datang dalam wujud proyek crowdfunding di Kickstarter. Namanya Aivvy Q, dan ia bukan sembarang headphone yang bisa merangkap sebagai music player.

Info menarik: Cynaps Adalah Topi Sekaligus Headphone Wireless Masa Depan

Ide yang dibawa Aivvy Q adalah, pasangkan headphone, lalu nikmati alunan musik. Itu saja. Tidak ada proses pairing, tidak ada proses mengisi file lagu ke dalam perangkat. Anda hanya perlu memasangkan Aivvy Q, maka musik akan mengalun dengan sendirinya. Saat Anda melepasnya, musik akan otomatis di-pause.

Dari mana lagu-lagu tersebut berasal? Dari cloud; Aivvy Q akan mengunduhnya secara otomatis ketika ia sedang di-charge, menyimpan file-file lagu ke dalam storage internalnya yang berkapasitas 32 GB via Wi-Fi.

Selanjutnya, Aivvy Q siap digunakan meski sedang tidak terhubung ke internet. Anda tentu saja bisa menyimpan koleksi musik pribadi Anda ke dalamnya, atau menyambungkan Aivvy Q ke smartphone dengan kabel, tapi kedua cara ini sedikit bertentangan dengan konsep yang coba ia tawarkan.

Lalu bagaimana dengan pilihan musiknya? Aivvy Q akan mengemas jutaan lagu yang tersimpan di dalam layanan cloud-nya menjadi beragam channel: pop, rock, classic rock, disco, friday night, ada banyak pilihan yang ditawarkan. Untuk memilih channel apa saja yang akan disimpan Aivvy Q, Anda bisa mengaturnya menggunakan aplikasi pendampingnya di smartphone.

Selesai mengunduh sejumlah channel yang berisi lagu-lagu tersebut, Aivvy Q akan mempelajari selera musik Anda berdasarkan sikap Anda. Swipe ke depan atau belakang pada bagian luar earcup-nya untuk mengganti lagu, tap untuk menunjukkan kesukaan Anda terhadap lagu tersebut, putar earcup-nya untuk mengganti channel. Makin sering Anda memakai Aivvy Q, makin cekatan ia meracik playlist sesuai selera Anda.

Info menarik: Neoh, Headphone Keren dengan Kemampuan Layaknya Home Theater

Dilihat dari sudut pandang tradisional, Aivvy Q mengusung sepasang driver 40 mm dengan respon frekuensi 20 - 20.000 Hz. Ia membawa fitur noise cancelling aktif, dan baterainya bisa bertahan hingga 40 jam penggunaan non-stop.

Fisiknya terbuat dari perpaduan material aluminium dan kulit yang melapisi bantalan-bantalan memory foam di sekujur tubuhnya. Aivvy Q ditawarkan dalam tiga warna: putih, hitam dan coklat.

Aivvy Q saat ini masih dalam tahap finalisasi prototipe. Kampanye Kickstarter-nya masih berlangsung meski sudah melebihi target yang ditetapkan. Pledge terendahnya adalah $249 untuk satu unit Aivvy plus layanan cloud-nya selama satu tahun.

Setelah satu tahun, maka pengguna Aivvy Q akan dikenai tarif berlangganan – nominalnya masih belum ditetapkan. Catatan penting lain: katalog musik yang ditawarkan layanan cloud milik Aivvy Q bisa berbeda-beda di tiap negara.