Categories

Gadget

Lewat Software Update, Headphone dan Earphone Sony Kedatangan Integrasi Google Assistant

Tidak perlu membeli headphone baru untuk mendapatkan pendampingan dari asisten pintar tersebut

Glenn Kaonang - 18 May 2018

Kabar gembira bagi para pengguna Sony WH-1000XM2 dan WI-1000X, headphone dan earphone wireless bergaya neckbud itu baru saja kedatangan software update yang menghadirkan integrasi Google Assistant. Sony sebenarnya sudah menjanjikan hal ini sejak Januari lalu ketika Assistant 'menginvasi' CES, dan penantian konsumen akhirnya terbayarkan.

Usai di-update, Assistant bisa dipanggil dengan menekan tombol pada headphone yang sebelumnya berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur noise cancelling. Mengubah fungsi tombol ini dapat dilakukan lewat aplikasi pendamping di smartphone – aplikasi yang sama yang dipakai untuk mengunduh dan meng-install software update itu tadi.

Berkat integrasi yang proper ini, pengguna jadi bisa memanggil Assistant meski ponsel yang digunakan adalah iPhone (dengan meng-install aplikasi Google Assistant terlebih dulu tentunya). Sebelum ini, pengguna sebenarnya sudah bisa mengakali, memanggil Assistant dengan menekan dan menahan tombol panggilan telepon pada headphone, namun cara ini hanya berlaku buat pengguna perangkat Android saja.

Di samping itu, integrasi semacam ini juga memungkinkan Assistant untuk membacakan notifikasi yang masuk ke ponsel, termasuk membacakan nama pengirimnya sekaligus. Kalau dengan teknik akal-akalan tadi, yang pengguna dapat hanyalah sebatas deringan notifikasi saja.

Sejauh ini baru headphone dan earphone ini saja yang kebagian jatah integrasi Google Assistant, akan tetapi Sony sudah berjanji untuk menghadirkan update yang sama buat tiga headphone lainnya, yakni h.ear on 2 WH-H900N, WH-CH900N, dan true wireless earphone WF-1000X.

Sumber: Android Police.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter