Kolaborasi Oculus dan Xiaomi Hadirkan Headset VR Oculus Go dan Mi VR Standalone

Kolaborasi Oculus dan Xiaomi Hadirkan Headset VR Oculus Go dan Mi VR Standalone

Headset Mi VR Standalone akan dipasarkan eksklusif di pasar Tiongkok
Oculus Go dan Mi VR Standalone
Oculus Go dan Mi VR Standalone

Kolaborasi di ranah teknologi bukan hal baru, bahkan perusahaan sekelas Apple, Samsung dan LG yang kerap berkompetisi di pasar akhir, memiliki ketergantungan satu sama lain untuk menyempurnakan perangkatnya. Jadi, bukan kabar mengejutkan jika Facebook melalui Oculus dan Xiaomi yang notabene bukan kompetitor mengumumkan kesepakatan kolaborasi untuk meracik perangkat headset VR yang disebut ekslusif untuk pasar Tiongkok.

Dalam kesepakatan ini, Xiaomi akan menjadi pihak yang bertanggung jawab merakit Oculus Go, headset seharga $199 yang pertama kali diumumkan pada bulan Oktober tahun lalu. Dalam pengumuman yang sama, Oculus juga memperkenalkan headset baru Mi VR Standalone, headset berlabel Xiaomi yang mengemas teknologi Oculus untuk pasar Tiongkok. Secara fisik, headset ini tampak mirip sekali dengan Oculus Go.

acebook VP of VR Hugo Barra, Qualcomm Incorporated President Cristiano Amon, and Xiaomi VP Thomas Tang at CES 2018.
Facebook VP of VR Hugo Barra, Qualcomm Incorporated President Cristiano Amon, dan Xiaomi VP Thomas Tang di CES 2018.

Tergabung dalam kolaborasi tersebut adalah perusahaan perakit chipset, Qualcomm yang kemudian dipercaya membenamkan Snapdragon 821 Mobile VR Platform ke jeroan Oculus Go dan Mi VR Standalone. Belum jelas apakah kemiripan kedua perangkat terhenti di rupa dan juru gedor saja atau ada fitur-fitur pembeda yang belum diungkapkan.

Dalam laman resminya, Oculus menjelaskan bahwa  Mi VR Standalone akan tiba dengan Oculus Mobile SDK yang memungkinkan pengembang untuk membenamkan konten ke platform Xiaomi Mi VR di Tiongkok. Tentu setelah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di sana. Sayangnya belum ada informasi resmi kapan kedua headset akan diluncurkan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…