Categories

Game

Hearthstone Akhirnya Dirilis Secara Umum untuk iPad

Yoga Wisesa - 18 April 2014

Setelah soft-launching di awal April untuk para pengguna iPad di Australia, Kanada dan Selandia Baru, permainan battle card adiktif berjudul Hearthstone: Heroes of Warcraft akhirnya tersedia untuk konsumen global di Apple Store.

Akankah resepsi pengguna perangkat pintar akan sehangat para penikmatnya di platform PC?

Hal terbaik dari peluncuran Hearthstone di iDevice ialah kini Anda bisa menikmati game tersebut tanpa harus membawa-bawa laptop atau PC.

Selama iPad Anda dapat tersambung ke internet, Hearthstone bisa diakses. Yang uniknya adalah bagaimana kedua versi platform ini saling terintegrasi: jika progress Anda sudah cukup jauh di PC, Anda tidak perlu mengulang kembali saat bermain di perangkat mobile.

Yang lebih hebat lagi, Anda hanya tinggal log-in dengan data user Battle.net - akun yang juga Anda gunakan untuk bermain StarCraft II hingga World of Warcraft. Dengan penyajian seperti ini, Blizzard memberi anggukan pada metode multiplayer crossplatform antara pengguna iPad, Mac dan PC. Bahkan Anda mungkin tidak akan tahu apakah lawan yang sedang dihadapi memainkan versi PC atau iOS-nya.

Ekspansi ke ranah mobile memberikan dampak yang sangat positif terhadap player-base. Kini bukan hanya pengguna PC - yang mayoritas gamer antusias - yang bisa menikmati Hearthstone, khalayak casual juga bisa mencicipinya. Hearthstone merupakan satu dari beberapa jenis game yang mudah dipelajari, namun membutuhkan pengalaman untuk bisa mahir.

 

Info menarik: Planetary Annihilation, Permainan Strategi Epik Berskala Masif

 

Hal tersebut mungkin juga akan mempengaruhi ekosistem permainan ke arah yang lebih baik. Bisa saja dengan masuknya banyak pemain baru, karakter-karakter hero dan build dek kartu yang kurang populer berubah menjadi favorit.

Kemudian bagaimana respon para pemula menghadapi gamer-gamer yang memiliki pengalaman ratusan jam bermain? Apakah mereka akan menyerah, atau merasa tertantang? Atau akankah Blizzard menyempurnakan sistem algoritma matchmaking mereka?

Semua yang ada dalam versi PC, hadir di iOS: koleksi kartu Anda akan tersaji lengkap, begitu juga susunan dek kustom. Data yang tersimpan dalam server Battle.net memastikan Anda bisa memainkan Hearthstone dengan medium apapun yang Anda inginkan. Tapi kebutuhan koneksi internet konstan memberikan sedikit dampak buruk pada versi iOS.

Contohnya saja, Anda tidak bisa mem-browsing kartu, menciptakan dek atau berlatih melawan komputer tanpa internet. Sepertinya untuk konsumen di mobile, Blizzard ingin melacak status Anda secara real-time - dan mungkin memudahkan mereka untuk 'menawarkan' dek kartu premium pada pemainnya.

Tapi hal tersebut hanyalah kekurangan kecil dalam sebuah game yang luar biasa. Versi iPad ini menunjukkan bahwa Hearthstone memang dirancang dari awal untuk mendukung layar sentuh: penyajian tombol-tombol yang besar hingga kemudahan dalam men-drag kartu.

Anda bisa menikmati Heartstone secara cuma-cuma dengan mengunduhnya dari Apple Store (hanya kompatibel dengan iPad). Pastikan saja iPad Anda berjalan di sistem operasi iOS 5 atau yang terbaru.

Via Gamespot.com. Gambar: Battle.net.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter