Pilihan aplikasi untuk berkirim pesan sudah banyak dan mudah sekali ditemukan di setiap platform operasi mobile baik itu Android, iOS hingga Windows Phone. Snapchat adalah salah satunya dengan menawarkan konsep yang sedikit berbeda dari para pesaingnya.

Snapchat memungkinkan pengguna untuk saling bertukar video atau foto dimana sang pengirim bisa mengatur berapa lama waktu pesan yang dikirimkannya akan terhapus secara otomatis. Nah, baru-baru ini aplikasi Snapchat untuk Android dan iOS diperbaharui dengan penambahan beberapa fitur anyar.

Fitur terbarunya dinamakan Travel Mode. Jika fitur ini diaktifkan maka konten dari Snaps, Stories dan Discovery tidak akan secara otomatis diunduh, sehingga pengguna yang ingin melihat foto atau video yang dibagikan harus mengunduhnya secara manual satu persatu. Sisi baiknya, Anda bisa menghemat kuota internet Anda.

Kehadirian fitur ini bisa membantu pengguna yang sensitif akan penggunaan data serta bagi merekayang tidak ingin terkena biaya berlebihan ketika berpergian saat menggunakan secara rutin Snapchat.

Info Menarik:Apa itu Snapchat dan Fitur-fitur Andalannya?

Kehadiran fitur untuk menghemat penggunaan data internet pada aplikasi pesan instan memang bukan hal yang baru. Sebelumnya, Viber mengumumkan fitur yang sama pada update terbaru aplikasinya yang memungkinkan pengguna di jaringan 2G untuk melakukan panggilan, cukup dengan menggunakan 84Kb paket data. Menyusul selanjutnya ada Whatsapp dengan fitur Low Data Usage-nya.

Fitur untuk menghemat paket data dalam aplikasi pesan instan dipandang penting terutama di negara yang sedang berkembang, plus segmen aplikasi yang menyasar anak muda juga bisa menjadi salah satu alasan hadirnya fitur ini. Biasanya anak muda masih memiliki kuota data yang terbatas.

Selain fitur menghemat data, kabar gembira bagi Anda yang gemar menyisipkan emoji. Pada versi terbaru aplikasinya, Anda bisa menyisipkan lebih dari satu emoji pada snap yang akan dikirimkan. Anda pun bisa mengatur ukuran emoji yang ditambahkan dalam foto atau video yang akan dikirim.

Info Menarik: Cara Menambah Teman di Snapchat

Jika sebelumnya, Anda hanya bisa menyimpan foto profil berformat GIF dalam bentuk foto maka di versi terbaru aplikasinya kini Anda bisa menyimpannya dalam bentuk video.

Anda pengguna Snapchat aktif dan memiliki paket data internet dengan kuota terbatas? Update terbaru aplikasi Snapchat bisa menjadi angin segar. Anda bisa mengunduh versi terbarunya di App Store dan Google Play Store.

Sumber: TechCrunch. Sumber gambar header: Mahathir mohd yasin/Shutterstock.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.