Categories

Gadget

Here Active Listening Adalah Equalizer untuk Suara di Sekitar Anda

Glenn Kaonang - 5 June 2015

Bayi memang menggemaskan, akan tetapi saya yakin Anda pernah merasa terganggu dengan suara tangisan bayi ketika berada di tempat umum. Solusinya? Seringkali Anda yang harus mengalah pergi dari tempat tersebut.

Namun bagaimana jika kondisinya tidak memungkinkan bagi Anda untuk pergi ke tempat lain, misalnya saat berada di dalam kabin pesawat? Mau tidak mau Anda harus betah menahan emosi sampai pesawat akhirnya mendarat. Parahnya, bukan cuma suara tangisan bayi yang terdengar mengganggu, tetapi juga ditambah suara mesin pesawat!

Melihat masalah seperti ini, sebuah perusahaan bernama Doppler Labs memutar otak untuk menelurkan solusi yang efektif. Mereka memperkenalkan Here Active Listening, sepasang earplug yang sanggup memanipulasi suara di sekitar kita secara real-time.

Kalau Anda merasa pernah mendengar nama Doppler Labs, Anda tidak salah, karena mereka adalah pengembang earplug pintar bernama DUBS Acoustic Filters yang sempat kita bahas di awal tahun 2015 ini.

Info menarik: Tanpa Bluetooth, Wireless Earphone HearNotes Kompatibel dengan Bermacam Perangkat

Sama seperti DUBS, Here memiliki wujud seperti earphone standar yang tidak disertai kabel. Bagian terluarnya adalah sebuah mikrofon yang akan menerima suara apapun dari luar. Namun sebelum suara tersebut terdengar oleh telinga kita, DSP (digital signal processor) milik Here akan terlebih dulu mengolah suara tersebut sesuai dengan spesifikasi yang kita inginkan.

Dalam menjalankan tugasnya, Here perlu didampingi oleh aplikasi pendamping di smartphone. Melalui aplikasi inilah Anda akan menetapkan seperti apa suara yang ingin Anda dengar. Seperti apa manipulasi suara yang dimaksud? Saat berada di dalam pesawat misalnya, Anda bisa meredam suara mesin pesawat maupun tangisan bayi di sekitar.

Dalam aplikasi tersebut, Doppler Labs telah menyiapkan sejumlah preset yang disesuaikan dengan beragam kondisi di tempat-tempat umum. Saat berada di jalanan misalnya, Anda bisa meredam suara kendaraan maupun klakson yang menyebalkan. Lalu ketika tiba di kantor, Anda bisa meredam suara rekan-rekan kantor yang setiap harinya menghabiskan waktu untuk bergosip ria.

Dalam situasi lain, misalnya ketika berkunjung ke kelab malam, Here bisa berperan sebagai equalizer. Anda suka dentuman bass yang membahana? Setel saja melalui aplikasinya, maka Here akan memberikan suntikan bass ekstra ke telinga Anda.

Info menarik: RHA Audio Rilis Earphone Baru dengan Teknologi Driver Unik

Dari segi teknis, Here menggunakan Bluetooth 4.0 untuk menyambung ke smartphone. Baterainya diyakini bisa bertahan hingga 4 – 6 jam, tergantung intensitas penggunaan. Saat baterainya habis, Here bisa diisi ulang di dalam case yang juga berfungsi sebagai chargercharging case ini dilengkapi baterai internal yang dapat mengisi ulang Here hingga penuh sebanyak dua kali dalam satu kali charge.

Kampanye crowdfunding Here Active Listening di Kickstarter masih berlangsung sampai bulan Juli mendatang, akan tetapi targetnya sudah berhasil terlampaui. Berita buruknya, Here saat ini baru tersedia untuk pasar Amerika Serikat saja. Pun begitu, Doppler Labs telah berjanji untuk segera merilis Here Active Listening di pasar internasional dalam waktu dekat, dengan harga retail $249.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter