16 March 2016

by Bambang Winarso

Here Maps Bakal Dihapus Lagi dari Windows Store, Kali Ini untuk Selamanya

Beberapa kali datang dan pergi, kali ini Here Maps dipastikan tidak akan lagi mendukung platform Windows 10

Bak ada dalam sebuah sinetron, Here Maps hadir di platform Windows dengan segudang hal menarik, kemudian menghilang setelah diakuisisi dengan alasan teknis dan tak lama kemudian muncul lagi dan semua kembali seperti sedia kala. Tapi lagi-lagi Here Maps bakal segera dihapus dari Windows Store, dan kali ini untuk selamanya. Kemarin (15/3) waktu setempat pengembang Here Maps lagi-lagi mengonfirmasi kabar itu secara resmi. Tuntutan untuk mengembangkan kembali aplikasi dari nol agar dapat kompatibel dengan Windows 10 disebutkan menjadi alasan di balik keputusan manajemen untuk tidak melanjutkan dukungannya.

Here mengatakan bahwa aplikasi pemetaan untuk Windows 10 tersebut akan ditarik pada tanggal 29 Maret 2016 mendatang. Here Maps tidak akan dapat berjalan lagi di perangkat berbasis Windows 10 Mobile efektif pada 30 Juni 2016. Kemudian mereka juga memutuskan untuk membatasi pengembangan Here Maps bagi plaftorm Windows Phone 8 hanya untuk perbaikan bugs kritis, sehingga di masa mendatang tidak akan ada fitur baru kendati pengguna perangkat WP 8 masih tetap dapat memakai aplikasi seperti biasa.

Sebagai alternatif, Here menyarankan pengguna perangkat Windows 10 Mobile untuk beralih ke Windows Maps yang juga mempunyai elemen seperti di Here Maps. Aplikasi ini dikembangkan sendiri oleh Microsoft mengadopsi platform Here.

Keputusan mengejutkan ini untuk ke sekian kalinya menyisakan rasa kecewa di kalangan pengguna setia aplikasi Here Maps. Reaksi tersebut tergambar jelas dari sejumlah komentar yang ditinggalkan oleh pembaca.

Sumber berita Here.