23 April 2015

by Aditya Daniel

HERE Maps Sedang Mencari Pembeli, Apple Diharapkan Jadi Sasarannya

Nokia telah meluncurkan aplikasi peta HERE untuk perangkat iOS. Peluncuran aplikasi ini tentu manambah deretan pilihan aplikasi peta yang ada di App Store selain aplikasi Maps default bawaan iOS. Menurut sebuah laporan dari Bloomberg, Nokia dikabarkan berusaha untuk menjual divisi HERE Maps dan menargetkan Apple sebagai pembeli potensial.

Seperti yang dikutip dari Bloomberg, Nokia berusaha menjual divisi HERE Maps kepada beberapa perusahaan teknologi terkenal lain selain Apple meliputi, Alibaba Group Holding Ltd., Amazon.com Inc., Baidu, Sirius XM dan tak ketinggalan Facebook Inc. Hal ini tak lepas dari terus menurunnya keuntungan yang didapat.

Info Menarik: Aplikasi IFTTT Berganti Nama Menjadi IF, Sekaligus Luncurkan 3 Aplikasi Baru

Nokia sendiri menargetkan pendapatan sekitar $3.2 juta untuk penjualan HERE Maps. Sebagai perbandingan, Nokia mengakuisisi layanan HERE pada 2008 sebesar $8.1 juta dan semenjak itu divisi HERE Maps terus kehilangan nilainya, dan dari laporan terakhir keuangan Nokia tahun lalu, HERE Maps sendiri hanya bernilai sekitar 2 juta Euro.

Alasan lain dari rencana penjualan divisi layanan peta HERE oleh Nokia adalah dikarenakan Nokia ingin fokus pada layanan jaringan perangkat mobile sehingga mampu bersaing dengan Huawei yang sudah terlebih dahulu bermain dalam industri tersebut. Dilain sisi, Nokia sendiri menurut Bloomberg sudah setuju untuk membeli Alcatel-Lucent sebesar 15.6 juta euro untuk menciptakan pemasok terbesar dalam layanan jaringan perangkat mobile.

Info Menarik: Tips Mengecek Kondisi dan Kalibrasi Baterai di Mac

Layanan peta milik Apple yang ada perangkat iOS sendiri sempat mengalami beberapa masalah dan terus mendapatkan perbaikan semenjak diluncurkan pertama kali pada tahun 2012 yang lalu.

Jika kabar ini menjadi kenyataan, maka teknologi dan data peta yang dimiliki HERE bisa digunakan untuk berbagai aplikasi Maps di iOS, OS X dan CarPlay, dan juga akan memberikan posisi yang lebih kuat bagi Apple untuk bersaing dengan layanan peta lain, yang dihadirkan Google misalnya.

Berbagai cara telah dilakukan Apple untuk memperbaiki layanan petanya. Mulai dari melakukan sejumlah hiring dari beberapa perusahaan teknologi lain seperti Torsten Krens, mantan direktur peta dan konten HERE Maps, serta Benoit Dupin dari Amazon yang berpengalaman dalam teknologi pencarian untuk bergabung dalam divisi Maps. Seperti yang dikutip dari 9t05Mac, crowdsourcing juga dilakukan Apple untuk meningkatkan layanan peta yang dimiliknya.

Sumber: 9to5Mac | Bloomberg. Header ilustrasi peta via Shutterstock