5 January 2015

by Yoga Wisesa

HiFi-Skÿn, Casing Smartphone Khusus Pecinta Musik Sejati

Kehadiran smartphone berkemampuan musik perlahan-lahan menggeser permintaan akan music player dedicated. Tetapi tak semua handset kini dibekali fitur olah suara mumpuni, termasuk iPhone yang sebenarnya diracik oleh para pencipta iPod Classic. Sayangnya di mata para audiophile, mobile device masih belum layak disebut sebagai platform musik sejati.

Berbekal pengalaman belasan tahun dalam menciptakan produk audio kelas dunia, CEntrance menemukan solusi menarik namun praktis untuk mendongkrak performa suara smartphone agar sesuai dengan kriteria penikmat musik kelas audiophile. CEntrance memperkenalkan HiFi-Skÿn, case pelindung sekaligus converter digital ke analog dan amplifier. HiFi-Skÿn memangkas bobot dan volume hardware pengolahan suara, dikemas dalam rancangan minimalis.

Anda mungkin mempunyai headphone mahal, dan handset boleh dibilang merupakan music player digital yang fleksibel. Tapi tak bisa dipungkiri, kualitas audionya jauh di bawah perangkat khusus pemutar lagu. HiFi-Skÿn ialah sound system berbentuk casing, menyajikan output bermutu tinggi serta akurat, dan kompatibel dengan hampir seluruh headphone musik kelas atas.

Namun bukankah menjalankan musik dari smartphone akan sangat menguras baterai? CEntrance mengambil solusi sederhana, mereka membekali HiFi-Skÿn dengan baterai mandiri. Ketika dipasangkan ke iPhone, ia akan mengisi ulang smartphone sembari menyuguhkan musik. Menurut CEntrance, secanggih-canggihnya iPhone, output suara masih terdengar keruh, minim detail dan bass juga kurang 'menendang'.

 

Info menarik: Jabra Evolve, Headphone-nya Profesional Sekaligus Pecinta Musik

 

Tim developer mengklaim, dalam menciptakan HiFi-Skÿn mereka memanfaatkan teknologi hardware sekelas barang-barang audiophile. Produk pertama mereka bernama MicPort Pro memperoleh penghargaan Editor's Choice Award dari Mac Life Magazine, dan sekarang asynchronous digital streaming serta mastering level telah dinaikkan ke 24bit/192kHz, mendongkrak kualitas jauh melewati jack audio biasa.

Melalui satu kali isi ulang, baterai HiFi-Skÿn mampu bertahan kurang lebih 10 jam, membuatnya sempurna dibawa dalam perjalanan panjang. Berdasarkan model iPhone 5, HiFi-Skÿn memiliki dimensi 172x64x20 milimeter. Ia merangkul smartphone Anda dengan aman, menjaganya dari benturan dan baretan. Saat ini HiFi-Skÿn mendukung iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, serta iPod Touch 5th Gen.

Dan berbeda dari biasanya, tim CEntrance memanfaatkan website crowdfundingIndie Gogo untuk merampungkan proyek HiFi-Skÿn. Target stretch awal telah terpenuhi, dan model termurah juga sudah habis. Ia kini ditawarkan mulai dari US$ 224 - masih lebih murah dibanding versi retailnya seharga US$ 400.