Tahukah Anda kalau penjualan vinyl (piringan hitam) terus naik dalam 12 tahun terakhir? Di tahun kemarin misalnya, total album vinyl yang terjual mencapai angka 14,32 juta berdasarkan data dari Nielsen. Dari sudut pandang lain, 14 persen album musik fisik yang terjual di tahun 2017 adalah dalam bentuk vinyl.

Singkat cerita, popularitas vinyl terus meningkat meski layanan streaming musik kini tergolong mendominasi. Dari situ sebuah startup asal Austria bernama Rebeat Innovation mencoba memikirkan cara untuk menambah daya tarik vinyl. Buah pemikiran mereka adalah format baru bernama HD vinyl.

Sama seperti di video, label “HD” di sini merupakan singkatan dari “high definition“. Menurut klaim Rebeat, HD vinyl bisa mengemas durasi musik 30 persen lebih panjang, volume 30 persen lebih keras, dan secara keseluruhan menawarkan reproduksi suara yang lebih baik ketimbang vinyl standar.

Sumber gambar: Pixabay.
Sumber gambar: Pixabay.

Rahasianya terletak pada proses pembuatan HD vinyl, di mana pertama-tama file audio bakal dikonversikan secara digital menjadi peta topografi 3D. Hasil konversinya tersebut kemudian akan diukir menggunakan laser pada semacam cetakan (stamper), sebelum akhirnya cetakan tersebut dipakai untuk membuat ‘ukiran’ pada vinyl (groove).

Rebeat percaya bahwa teknik yang telah mereka patenkan sejak tahun 2016 ini memungkinkan vinyl untuk dibuat secara lebih presisi, sekaligus lebih superior dalam mencegah hilangnya informasi audio selama proses pembuatan berlangsung. Di sisi lain, teknik ini juga mengeliminasi ketergantungan akan senyawa kimia dalam proses produksi vinyl biasanya.

Yang lebih istimewa lagi, HD vinyl tidak memerlukan pemutar khusus. Turntable yang sudah ada sekarang sudah bisa digunakan tanpa modifikasi. Namun kembali lagi, kualitas audionya pasti bakal tetap bergantung pada kelengkapan yang digunakan (turntable, speaker dll), bukan sebatas sumber audionya saja.

Lalu kapan konsumen bisa menikmati HD vinyl? Berkat pendanaan baru sebesar $4,8 juta, Rebeat cukup percaya diri bahwa album-album dalam format HD vinyl bisa beredar mulai 2019, meski sejauh ini mereka masih dalam tahap pengujian akhir.

Sumber: Pitchfork. Gambar header: Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.