1. Startup

Hitung Cepat Perolehan Suara Menggunakan Aplikasi iWitness Pilpres

Kurang dari satu minggu lagi Pemilu Presiden 2014 (Pilpres 2014) akan segera bergulir. Simpatisan kedua kubu terus berusaha menyuarakan dukungannya untuk calon presiden pilihan mereka. Berbagai bentuk kampanye terus diupayakan demi terpilihnya pasangan pilihan mereka menjadi pemimpin negeri ini. Hal tersebut mengindikasikan betapa meriahnya pesta demokrasi Indonesia tahun ini. Demi menyemarakkan pesta tersebut, salah satu simpatisan pasangan capres Jokowi-JK menghadirkan sebuah aplikasi bernama iWitness Pilpres yang tersedia dari 2jutarelawan.com.

Sesuai namanya, iWitness Pilpres mengajak para pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dan turut serta menjadi saksi mata perkembangan suara dari setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia. Tim ForeverApps sebagai pengembangnya berharap aplikasi ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama para pemilih.

Dengan memanfaatkan fitur Realcount, pemilih dapat membandingkan data rekapitulasi dari KPU untuk memantau hasil perhitungan suara terkini. Sebelum menggunakan keseluruhan fitur, pengguna diharapkan mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengisi lengkap data diri kemudian login kembali dengan menggunakan data yang telah terdaftar. Data dan sandi dapat diganti di kemudian waktu melalui fitur Profile.

Setelah berhasil login, pengguna diharuskan mengatur lokasi TPS setempat terlebih dahulu di menu Setting dan pastikan detail lokasi TPS seakurat mungkin mulai dari keterangan kabupaten, kecamatan, dan tingkat wilayah seterusnya. Langkah terakhir, pengguna tinggal memasukkan nomor TPS untuk bisa turut serta melaporkan perolehan suara terkini dari TPS tersebut. Fitur ini tentu sangat berguna bagi kebutuhan penghitungan cepat bagi beberapa pihak tertentu.

Dalam aplikasi iWitness Pilpres, hasil Realcount disimpan secara kondisional. Artinya jika pengguna kehilangan koneksi internet, data akan disimpan secara lokal, dan pengguna akan mendapatkan notifikasi apabila belum terunggah ke server. Namun jika pengguna memiliki koneksi internet yang baik, data yang terkirim akan langsung disimpan ke server.

iWitness Pilpres juga mendukung bukti yang konkrit dengan mengizinkan pengguna mendokumentasikan data multimedia yang bisa diunggah langsung dari smartphone masing-masing. Foto, pesan suara, dan video akan berguna untuk para pengguna lainnya yang bisa diakses di menu Result. Di menu tersebut, pengguna akan mendapatkan rekap dari pengguna lain yang saling melaporkan sebelumnya.

Pihak pengembang memiliki waktu yang tidak banyak untuk memperbaiki beberapa kesalahan kecil, seperti seringnya crash saat mengambil foto. Seharusnya iWitness menyediakan pengambilan foto langsung dari library. Sisanya, pengembang dan relawan bisa saling bekerja sama untuk mensosialisasikan aplikasi ini sehingga seluruh pemilih dapat menggunakannya lantas merealisasikan pemilu adil dan transparan.

iWitness dapat diunduh pada tautan berikut: iOSAndroid, BlackBerry, Nokia Symbian, Java

Situs 2jutarelawan juga menyediakan jalur pelaporan kegiatan TPS melalui SMS bagi yang enggan atau tidak dapat menggunakan aplikasi mobile tersebut di atas.

Update: diperbarui dengan tautan ke aplikasi iOS dan informasi tentang 2jutarelawan

[ilustrasi foto: Dok. DailySocial]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again