26 October 2017

by Bambang Winarso

HMD Global Ajak Pengguna Nokia 8 Mencicipi Versi Beta Android Oreo

Nokia Phone Beta Labs bakal menyaring dan mengembangkan OS berdasarkan masukan pengguna

Janji HMD Global untuk menghadirkan update Android 8.0 Oreo ke seluruh ponsel Nokia tampaknya bukan isapan jempol belaka. Juho Sarvikas, Chief Product Office HMD Global baru saja mengumumkan dibukanya fase beta Android Oreo yang ditujukan untuk model Nokia 8.

Untuk mengajak pengguna berpartisipasi, HMD Global telah merilis sebuah halaman khusus yang bisa diakses di tautan ini. Di laman tersebut pemilik Nokia 8 bisa mendaftarkan diri menggunakan akun Google atau Facebook. Dalam proyek beta bernama Nokia Phone Beta Labs itu, HDM Global atas nama Nokia mengajak pengguna untuk menjajal versi awal Android Oreo, merasakan seluruh fitur-fiturnya dan diharapkan memberi umpan balik untuk pengembangan lebih lanjut. Proses upgrade disebutkan bakal sampai ke pengguna dalam hitungan menit hingga jam setelah pendaftaran dilakukan.

HMD Global sendiri belum membeberkan apa-apa saja yang menjadi sajian utama di Android Oreo versinya. Tetapi Sarvikas melanjutkan kicauan Twitternya dengan mengatakan bahwa Nokia 3, 5 dan 6 juga bakal menyusul sang flagship. Hanya saja Ia belum membeberkan tanggal pastinya. Kemungkinan besar ketiganya bakal menerima giliran yang sama setelah proses upgrade Nokia 8 tuntas. Maka praktis hanya Nokia 7 yang absen di daftar ini, namun mengingat perusahaan asal Finlandia itu sudah menjanjikan bakal merilis Android Oreo untuk semua perangkatnya, jadi kemungkinan besar Sarvikas lupa bahwa Nokia 7 juga sudah dirilis belum lama ini.

Di tempat terpisah, HMD Global juga berjanji bakal menggulirkan update Android 7.1.2 untuk Nokia 3 yang semestinya mendapat update serentak dengan Nokia 5 dan 6. Namun karena masalah pada driver chipset MediaTek, HMD terpaksa menunda peluncuran update untuk Nokia 3.

Sumber berita Twitter via Gizmochina.