28 December 2017

by Bambang Winarso

HMD Global Godok Smartphone Android Go Bernama Nokia 1?

Nokia 1 disebut bakal mengemas RAM 1GB dan memori 8GB, banderolnya kurang dari $100

HMD Global dikabarkan sedang menggodok satu lagi ponsel paling murah di jajarannnya dengan nama Nokia 1 yang secara default menggunakan Android Go, sistem operasi versi ringan dari Android 8.0 Oreo. Dihembuskan oleh situs Winfuture, bahwa Nokia 1 bakal digulirkan untuk pasar global namun dengan fokus yang tertuju pada pasar-pasar berkembang terlebih dahulu, salah satunya India. Banderolnya pun dipastikan sangat terjangkau, di kisaran kurang dari $100 per unitnya.

Nokia 1 disebut menampilkan layar HD IPS dengan resolusi layar 1280 x 720 piksel. Jeroannya hanya memiliki RAM sebesar 1GB dan penyimpanan internal 8GB. Tidak ada informasi terkait prosesor pilihannya. Tapi HMD Global bisa saja memilih Qualcomm atau MediaTek karena kedua perusahaan tersebut telah mengumumkan dukungan mereka untuk Android Go Edition.

Pada saat mengumumkan versi Android Go, Google mengatakan bahwa sistem operasi ini dimaksudkan untuk perangkat dengan RAM 512MB sampai dengan 1GB. Google juga sudah secara resmi mengonfirmasi bahwa akan ada banyak ponsel Android Oreo Go Edition yang akan diluncurkan pada awal tahun 2018.

Tahun depan, bersamaan dengan Nokia, Huawei yang berbasis di Tiongkok kabarnya juga akan meluncurkan ponsel Android Go. Smartphone dari Huawei ini disebut hadir dengan spesifikasi yang mirip dengan Nokia 1 dan diperkirakan dibandrol di kisaran $85.

Saat ini, smartphone termurah HMD Global adalah Nokia 2, yang diluncurkan pada bulan Oktober 2017 lalu. Ponsel ini dilepas seharga 99 Euro, dilengkapi layar 5 inci HD LTPS dan didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 212.

Sumber berita Ubergizmo dan header ilustrasi Nokia 2.