Categories

Internet

Maksimalkan Hobi dengan Teknologi Saat #DiRumahAja

Hobi jadi lebih produktif dengan bantuan teknologi

Ilham Sanjaya - 29 April 2020

Untuk membantu penekanan laju penyebaran virus COVID-19, kita harus mengikuti anjuran pemerintah agar selalu berada di rumah. Akan tetapi, terlalu lama berada di rumah dengan rutinitas yang itu-itu saja membuat kita kadang merasa bosan. Salah satu cara untuk mengusir kebosanan tersebut adalah dengan melakukan hobi. Tujuannya adalah untuk menghadirkan kegiatan yang berbeda selama kamu di rumah.

Kamu bisa mulai dengan kembali melakukan hobi yang sudah lama tidak dilakukan atau mulai menggeluti hobi baru yang selama ini mungkin masih jadi angan-angan untuk dilakukan. Agar lebih seru, kamu bisa memanfaatkan bantuan teknologi untuk memaksimalkan dan memberi pengalaman yang berbeda untuk hobi-hobimu tanpa perlu khawatir karena keterbatasan yang dimiliki selama masa pandemi ini.

Belajar dan Produksi Musik dari Rumah

Bila kamu selama ini memendam asa untuk menjadi musisi ternama tanah air, mungkin inilah saatnya menghabiskan waktu kosongmu untuk belajar bermain dan memproduksi musikmu sendiri dari rumah. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat membantumu untuk melakukan hal tersebut. Bahkan, kamu juga bisa memulai dengan belajar menggunakan alat musik virtual dari smartphone.

Kamu juga bisa belajar dengan bantuan aplikasi tutorial yang menghadirkan banyak video pembelajaran, mission and challenge yang membuatmu makin terasah. Belajar dengan aplikasi juga membuatmu bisa belajar kapanpun dan dimanapun tanpa harus keluar rumah untuk les musik. Selain belajar, kamu juga bisa mulai memproduksi musik sendiri dengan digital music production melalui software pada laptopmu.

Explore Resep Masakan Baru Tiap Harinya

Khawatir bila makanan yang dibeli kurang higienis adalah sesuatu yang mungkin sering kita rasakan,  terutama saat masa pandemi ini. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memasak sendiri makanan yang ingin dikonsumsi. Jangan khawatir kalau  masih baru belajar memasak, kamu bisa explore banyak resep yang tersedia di internet.

Agar tidak ragu, kamu juga bisa mempelajari langkah-langkahnya dengan melihat video tutorial yang juga banyak beredar di media sosial. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mencari secara spesifik resep yang berbeda tiap harinya dan saling membagikan resep yang kamu temukan selama belajar masak dari rumah ini.

Explore Sekitarmu untuk Jadi Objek Foto dan Video

Salah satu hobi yang juga bisa dilakukan dari rumah adalah fotografi dan videografi. Kamu bisa memanfaatkan kamera atau smartphone-mu untuk mengambil objek gambar dan video di sekitar rumah atau saat melakukan kegiatan hobi lainnya. Karena sedang tidak bisa kemana-kemana, ini waktunya kamu belajar untuk mengubah objek yang ada disekitarmu menjadi terlihat lebih profesional di dalam tangkapan lensa. Membuat vlog selama masa pandemi juga bisa jadi cara untuk mengatasi kebosanan. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi editing untuk mengoles fotomu menjadi lebih baik dan membuat video dengan transisi yang lebih halus serta efek yang mendukung. Kamu juga bisa belajar melalui kelas-kelas online tentang fotografi dan videografi atau melihat tutorial tentang pengambilan gambar serta proses editing-nya melalui youtube.

Workout From Home dan Kesempatan Mengembangkan Skill Esports

Workout di rumah juga bisa membantumu menjaga kesehatan selama masa pandemi ini. Kamu bisa mencari tutorial workout di youtube atau menggunakan aplikasi untuk memiliki menu latihan yang lebih personal sesuai dengan keinginanmu. Aplikasi-aplikasi ini juga biasanya menyediakan milestone dan challenge sehingga kita bisa mengukur sudah sejauh mana upaya kita serta membuat kita tertantang untuk terus meningkatkan kebugaran selama masa pandemi ini. Bisa jadi, setelah masa pandemi ini kamu yang malas olahraga justru menjadikan olahraga rutin menjadi hobi barumu.

Selain melakukan olahraga fisik, kamu juga bisa mencampurkan hobi bermain game dengan olahraga melalui esports. Berbekal laptop atau smartphone, kamu bisa perlahan belajar untuk menjadi pro di suatu game yang kamu senangi sambil mengisi waktu luang. Industri esports yang sedang berkembang juga membuatmu memiliki kesempatan untuk jadi atlet esports bila kamu serius menggeluti hobi yang satu ini.

Masih banyak hobi lainnya yang bisa kamu explore dan maksimalkan dari rumah dengan bantuan teknologi seperti ilustrasi atau menulis. Selain untuk mengisi waktu, hobi juga bisa jadi media pengembangan diri yang bisa menghasilkan bila kamu geluti dengan serius. Namun ada kalanya terdapat berbagai kendala yang dihadapi dalam menekuni hobi tersebut, salah satunya perlengkapan dan peralatan yang kurang memadai.

Misalnya jika kamu ingin bereksplorasi dalam fotografi dan videografi, tentu kamu membutuhkan berbagai perangkat seperti kamera, lensa, serta berbagai tools lainnya untuk menunjang hasil karyamu agar lebih maksimal. Atau buat kamu yang sedang ingin menggeluti dunia esports, tentu butuh PC monster atau laptop gaming yang mumpuni untuk menjalankan berbagai game dengan kinerja maksimal, lengkap dengan berbagai peripherals-nya. Memang sih semua barang tersebut harganya nggak murah.

Tapi jangan khawatir, bila kamu sedang tidak ada tabungan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan produk pinjaman online seperti digibank KTA by DBS. Untuk kamu yang masih belum menjadi nasabah digibank KTA by DBS, kamu bisa mengajukan dengan:

  • Akses go.dbs.com/kta dan apply sesuai identitas diri. Kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan ini kapanpun walaupun saat dini hari.
  • Kamu bisa tunggu persetujuan hanya dalam 60 detik.
  • Unduh Aplikasi digibank by DBS di smartphone kamu.
  • Verifikasi biometrik akan dilakukan oleh agen digibank by DBS
  • Dana akan langsung cair ke rekening digibank by DBS milikmu.
  • Kamu bisa mendapatkan pinjaman cepat ini hingga Rp 80 juta.

Untuk kamu yang sudah menjadi nasabah digibank by DBS dan sudah mengunduh Aplikasi digibank by DBS, maka proses proses pengajuan digibank KTA menjadi lebih simpel, yaitu dengan tahap-tahap berikut ini:

  • Klik tombol ‘Personal Loan’ di menu utama Aplikasi digibank by DBS
  • Lengkapi data diri singkat
  • Hanya dalam 60 detik kamu bisa langsung mendapatkan konfirmasi persetujuan kredit
  • Pilih limit pinjaman dan tenor yang diinginkan
  • Lalu dana akan cair secara real-time hingga Rp 80 juta.

Ada banyak pinjaman online di luar sana namun banyak keuntungan yang ditawarkan digibank by DBS yang tidak dapat ditemukan di kompetitor lain. Untuk kamu yang masih khawatir untuk apply pinjaman digibank KTA by DBS, cek keuntungan berikut:

  • Kamu bisa apply pinjaman online dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi digibank by DBS atau melalui website go.dbs.com/kta di smartphone atau laptop kamu. Untuk masa physical distancing seperti sekarang ini, kamu tidak perlu ribet ke cabang lagi.
  • Tidak perlu terlalu lama menunggu karena approval dalam 60 detik saja.
  • Dana langsung cair ke rekening digibank by DBS kamu hingga Rp 80 juta
  • Bunga yang ditawarkan sangat kompetitif mulai dari 0.95%
  • digibank KTA juga sangat aman dan terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi langsung di OJK

Dengan memiliki alat yang mendukung melalui pembelian dengan pinjaman online cepat seperti digibank by DBS, kamu bisa lebih cepat juga untuk menggeluti hobimu dengan lebih maksimal. Untuk tahu lebih lanjut, kamu bisa download aplikasi digibank by DBS atau kunjungi tautan berikut ini.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh digibank by DBS

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter