30 October 2017

by Glenn Kaonang

Honda RoboCas Adalah Robot Pembawa Barang dengan Fungsi yang Hanya Terbatasi Imajinasi

Mulai dari sekadar kulkas berjalan, kios makanan sampai meja DJ dadakan, RoboCas dirancang sebagai wujud unik mobilitas elektrik

Selain memperkenalkan konsep mobil sport bermesin elektrik, Honda juga mengumumkan produk unik lain di ajang Tokyo Motor Show. Dijuluki RoboCas, ia pada dasarnya merupakan sebuah robot pembawa barang, dan seperti yang kita tahu, Honda sudah sangat berpengalaman di bidang pengembangan robot.

Sepintas, Honda RoboCas tampak seperti kulkas mini beroda tiga. Indikasi bahwa ia merupakan sebuah robot bisa dilihat dari sepasang mata LED-nya yang bisa bergerak-gerak. Kalau mengacu pada deskripsi resmi Honda, RoboCas adalah "wujud unik dari mobilitas elektrik".

RoboCas bisa dibilang merupakan salah satu cara Honda untuk mendemonstrasikan teknologi elektrik dan kemudi otomatis yang dikerjakannya. Sebagai robot pembawa barang, perannya cukup efektif karena ia dapat mengikuti ke mana pemiliknya pergi, dan lagi bilik penyimpanannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun Honda membayangkan skenario dimana RoboCas mempunyai peran lebih dari sekadar kulkas berjalan. Bagian penutup atasnya bisa ditarik keluar, dan seketika itu juga pengguna dapat membuka kios makanan atau minuman dadakan. Di lain waktu, robot yang sama juga bisa menjadi meja DJ berjalan untuk menggelar pesta dadakan.

Semua ini memang masih sebatas konsep, dan prototipe yang dipamerkan juga belum bisa bergerak bebas seperti yang direncanakan. Honda juga belum menunjukkan bilik penyimpanannya seperti apa, namun mereka bilang bahwa volumenya cukup besar dan sanggup menggotong orang kalau memang perlu.

RoboCas tidak diciptakan untuk menjadi pengganti manusia dalam menyelesaikan pekerjaan berat, seperti fungsi kebanyakan robot pada umumnya. Honda bilang bahwa fungsinya hanya terbatas oleh imajinasi kita, namun semua itu baru bisa terbukti ketika Honda memutuskan untuk memproduksinya secara massal, yang kita tidak tahu kapan.

Sumber: The Verge dan Honda.