Dalam event otomotif yang dihelat di kampung halamannya, Honda memperkenalkan sebuah mobil konsep bermesin elektrik yang sangat menarik. Dijuluki Sports EV Concept, desainnya banyak menggabungkan elemen retro dan modern, dan sepintas layak disebut sebagai reinkarnasi futuristis dari Honda 1300 Coupe.

Ini sebenarnya bukan pertama kali Honda mengungkap konsep mobil elektrik berwajah klasik. Baru bulan September kemarin, tepatnya di ajang Frankfurt Motor Show, mereka memperkenalkan Urban EV Concept, yang sepintas tampak senada dengan Sports EV ini, hanya saja dengan model hatchback ketimbang coupe.

Honda Sports EV Concept

Meski mungkin belum sekelas Tesla untuk urusan mobil elektrik, Honda sebenarnya sudah cukup familier dengan teknologi ini, terbukti dari mobil sport NSX versi hybrid yang sempat dirilis tahun lalu. Namun tentu saja, hingga detik ini sang pabrikan masih belum mempunyai mobil bermesin elektrik murni.

Honda sendiri sejauh ini masih bungkam soal spesifikasi dari Urban EV maupun Sports EV. Sejumlah rumor yang berhembus menyebutkan bahwa Urban EV yang dimaksudkan untuk jalanan dalam kota mampu menempuh jarak 240 km dalam satu kali charge.

Hal ini membuat kita berasumsi kalau Sports EV menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh, apalagi kalau melihat video promosinya di bawah yang menunjukkan sang mobil sedang melaju di jalur lintas kota. Label “Sports” sendiri menurut saya juga bisa menjadi indikasi bahwa akselerasinya lebih superior ketimbang Urban EV.

Honda Sports EV Concept

Selain mengandalkan motor elektrik, kedua mobil konsep ini juga bakal mengunggulkan sistem asisten virtual berbasis kecerdasan buatan yang akan “menciptakan komunikasi yang menyatukan pengemudi dan mobil”. Sayang Honda masih enggan menjelaskannya lebih lanjut secara merinci.

Honda juga belum menyinggung soal realisasi Sports EV menjadi mobil produksi ke depannya. Kendati demikian, mereka telah mengonfirmasi bahwa Urban EV akan dilanjutkan sampai ke tahap produksi mulai tahun 2019 mendatang, sekaligus menjadi anggota pertama dari keluarga mobil elektrik besutan Honda.

Sumber: Wired dan Honda.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.